Lihat ke Halaman Asli

KKN MENDALANWANGI

Universitas Negeri Malang

Mahasiswa KKN UM Melakukan Pendampingan Pembelajaran di MI Al-Ahsan Desa Mendalanwangi

Diperbarui: 10 November 2022   04:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Wagir, Kabupaten Malang (19/11/2022) -- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Negeri Malang dalam rangka optimalisasi pembelajaran untuk siswa mengadakan sebuah kegiatan pendampingan belajar di sekolah MI Al-Ahsan.

Di masa pasca pandemi saat ini para siswa masih terbawa suasana sistem belajar secara daring yang sejauh ini dirasa kurang optimal dan tida efektif apalagi untuk siswa madrasah ibtidaiyah. Pembelajaran sistem daring ini memicu permasalahan baru diantaranya masalah sinyal, kurangnya pemahaman siswa serta keterbatasan kemampuan orang tua dalam membimbing anak selama pembelajaran berlangsung.  Hal tersbut berdampak pada penurunan kemampuan dan penyerapan materi bagi para siswa.

Dikarenakan pada saat ini pembelajaran sudah dilaksanakan secara langsung di sekolah, para guru menjadi kewalahan untuk mengajar di kelas, terlebih lagi SDM guru yang tersedia masih sedikit pada sekolah-sekolah di Desa Mendalanwangi. Oleh karena itu, program kerja pendampingan belajar hadir sebagai upaya untuk membantu meringankan beban guru dan orang tua siswa. Proker ini merujuk bagi siswa MI Al-Ahsan yang tergolong sekolah baru di Desa Mendalanwangi.

Adapun program ini dimaksudkan untuk memberikan susana belajar baru yang lebih menarik dan asik kepada siswa MI Al-Ahsan dengan konsep belajar kreatif agar mereka tidak jenuh atau bosan sehingga mereka termotivasi menjadi semangat dan aktif dalam pembelajaran. Pembawaan materi pembelajaran secara kreatif seperti bermail dambil belajar atau dengan praktik langsung mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline