Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Kelompok 18 KKN-T FE UNIDA Mengadakan Acara Sosialisasi Mengenai Pentingnya Inovasi Produk

Diperbarui: 18 Agustus 2023   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Mahasiswa kelompok 18 KKN-T FE  Desa Sukagalih

Mahasiswa kelompok 18 KKN-T FE Mengadakan Kegiatan Sosialisasi Mengenai Pentingnya Inovasi Produk Dan Digital Marketing Di Desa Sukagalih

Bogor, 13 Agustus 2023- Kelompok 18 KNN-T FE UNIDA mengadakan acara sosialisasi mengenai pentingnya inovasi produk dan digital marketing saat ini sebagai upaya peningkatan kualitas UMKM di desa Sukagalih dengan tema "Meningkatkan Daya Saing Bisnis Melalui Inovasi Produk Dan Strategi Digital Marketing"

Dengan maraknya persaingan pasar saat ini menuntut para pelaku UMKM untuk lebih kreatif serta memperbanyak inovasi agar produk yang dijual lebih bervariasi dan tidak bersifat monoton, sehingga pada akhirnya mampu mengungguli persaingan pasar tersebut. Selain itu,  perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para pelaku UMKM harus dapat beradaptasi guna mengembangkan bisnis mereka, terutama dengan penggunaan digital marketing sebagai media pemasaran UMKM. Sosialisasi dilaksanakan dengan mengundang Bapak Faisal Halim, S.M sebagai pengisi materi sosialisasi ini dengan latar belakang dunia bisnis dan pemasaran berbasis digital yang sangat sesuai dengan tema kegiatan.

Sumber: Mahasiswa kelompok 18 KKN-T FE  Desa Sukagalih

Mayoritas para warga atau pelaku UMKM di Desa Sukagalih merupakan para produsen makanan atau kue tradisional. Sayangnya makanan yang di produksi berifat umum atau tidak di inovasikan lagi sehingga ruang lingkup serta peminatnya terbatas. Selain itu para pelaku UMKM di Desa Sukagalih masih belum mengenal pemasaran melalui media digital. Selama ini mereka hanya mengandalkan pelanggan tetap dan memproduksi sesuai pesanan sehingga diperlukan sosialisasi ini guna menambah ilmu dan pemahaman pelaku UMKM Desa Sukagalih mengenai teknik -- teknik dalam memproduksi serta memasarkan produknya dalam media online yang dapat menjangkau lebih banyak pelanggan serta adanya efisiensi waktu dan biaya.

Bapak Faisal Halim turut menyayangkan potensi yang dimiliki masyarakat sekitar dengan membandingkan hasil produksi yang dibalut dengan inovasi dan keuntungan yang diperolah dari kegiatan yang telah dilakukan oleh salah satu sampel yang didampingi oleh mahasiswa selama kegiatan KKN ini berlangsung.

"Jika kita melihat fenomena banyaknya produsen kue di Desa Sukagalih ini, lalu melihat keberhasilan program yang dijalankan, apabila lebih banyak pelaku UMKM yang melakukan inovasi serta digital marketing, tentunya ini akan mendobrak pasar saat ini serta mampu meningkatkan kualitas para UMKM di Desa Sukagalih ini secara komprehensif. Maka dengan diadakannya sosialisasi ini merupakan langkah yang tepat untuk menarik minat para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya". Ujarnya

Kegiatan ini menarik minat para pelaku UMKM setempat, sehingga jumlah peserta yang hadir dalam acara ini berjumlah 30 orang. Bapak anen selaku RT 05 yang turut mengisi sambutan di acara tersebut turut mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa kelompok 18 KKN-T Fe ini karena telah mengadakan acara ini.

"Saya Mengucapkan banyak terima kasih kepada para mahasiswa yang telah turut memberikan wadah untuk memberi ilmu kepada masyarakat Desa Sukagalih, semoga ilmu yang diberikan mampu diterapkan di kehidupan atau kegiatan usahanya (para pelaku UMKM)". Tuturnya

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM di Desa Sukagalih mampu lebih kreatif dalam memproduksi produknya, serta mampu menjangkau konsumen yang lebih luas atau banyak demi meningkatkan profit usahanya. Sehingga UMKM di Desa Sukagalih dapat lebih berkembang secara komprehensif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline