Lihat ke Halaman Asli

KKN MB SUMURBOTO POSKO 25

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikuti Rutinan Yasin dan Tahlil di Mushola Baiturrohim Kelurahan Sumurboto

Diperbarui: 5 Juli 2024   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi KKN MIT Ke 18 Posko 25 Kelurahan Sumurboto saat mengikuti rutinan Yasin dan Tahlil di Mushola Baiturrohim.

Dalam meningkatkan interaksi sosial pada masyarakat desa maupun kota, banyak kegiatan khususnya pada kegiatan keagamaan yang bisa dilakukan salah satunya adalah tradisi Yasinan dan Tahlilan. Selain meningkatkan interaksi sosial, tradisi tersebut mampu memupuk nilai spiritual dalam diri individu. Jika interaksi sosialnya baik maka akan tercipta lingkungan masyarakat yang baik pula seperti kegiatan rutinan malam jumat di Mushola Baiturrohim Kelurahan Sumurboto Banyumanik.

Pengajian Yasin dan Tahlil menjadi kegiatan rutinan malam jumat di Mushola Baiturrohim Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. 4 Juli 2024 Mahasiswa KKN MIT 18 Moderasi beragama Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Posko 25 mengikuti pengajian rutinan di Mushola Baiturrohim Kelurahan Sumurboto dimana kegiatan tersebut menjadi awal perkenalan kami dengan masyarakat sekitar khususnya di RT 06 RW 03.

Dokumen pribadi KKN MIT Ke 18 Posko 25 Kelurahan Sumurboto saat mengikuti rutinan Yasin dan Tahlil di Mushola Baiturrohim

Pengajian dimulai pada pukul 19.30 selepas menunaikan Jamaah sholat isya', sama seperti pengajian pada umumnya. Dipimpin oleh para Ustadz yang menjadi Takmir Mushola Baiturrohim lalu diikuti oleh para jamaah terutama kami, Mahasiswa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata di Kelurahan Sumurboto. Diawali dengan membaca Asmaul Husna dilanjutkan membaca Surah Yasin, Tahlil, Kultum dan diakhiri dengan Doa. Pengajian tersebut hanya dihadiri oleh bapak-bapak yang tinggal di RT 06 RW 03 sehingga hanya Mahasiswa saja yang hadir pada pertemuan tersebut sedangkan untuk Mahasiswi nya dijadwalkan mengikuti rutinan Yasin dan Tahlil bersama para ibu-ibu di RT 06 RW 03 pada hari minggu siang.

Disambut dengan baik oleh takmir dan para jamaah Mushola Baiturrohim Kelurahan Sumurboto kami Mahasiswa KKN MIT 18 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang persilahkan untuk duduk mengikuti serangkaian acara hingga selesai, kemudian memberikan apresiasi, dukungan serta ucapan terimakasih kepada kami karena telah berpartisipasi membantu menyiapkan konsumsi serta membantu merapikan kembali ruangan pengajian tidak lupa kami juga  membantu para bapak-bapak menggulung karpet yang sudah selesai digunakan ke tempat semula. Sebelum pulang kami Mahasiswa KKN bermushofahah dengan bapak-bapak jamaah Mushola Baiturrohim, kemudian beliau mendoakan supaya Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kami lakukan di Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik berjalan dengan lancar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline