Lihat ke Halaman Asli

Semangat Para Lansia Desa Boja Berpartisipasi dalam Kegiatan Senam Lansia dengan Posbindu dan Mahasiswa KKN MB Posko 62 UIN Walisongo Semarang

Diperbarui: 10 Juli 2024   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gaambar : Kominfo KKN MB Posko 62 UIN WS

Pada Jum’at, 5 Juli 2024, Desa Boja, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang menyelenggarakan kegiatan rutin Pos Binaan Terpadu (Posbindu) untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat Desa Boja, khususnya para orang tua yang sudah lanjut usia.  Kegiatan Posbindu ini dilaksanakan setiap sebulan sekali.

Senam lansia merupakan kegiatan olahraga yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dan keterbatasan fisik pada usia lanjut. Senam ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kualitas hidup para lansia.

Dalam rangka acara Posbindu di Desa Boja, pihak PKD (Pusat Kesehatan Desa) menyadari pentingnya menjaga kesehatan para lansia, okeh karena itu acara ini adalah wadah yang tepat untuk mengadakan senam lansia. Beberapa mahasiswa KKN Moderasi Beragama Posko 62 UIN Walisongo Semarang juga ikut serta dalam kegiatan senam lansia ini. Senam lansia ini diikuti oleh kurang lebih 25 peserta lansia di Desa Boja. Para lansia sangat berantusias dan semangat dalam mengikuti senam lansia.

“Senam lansia bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Selain itu juga berguna untuk mengurangi resiko cidera otot seperti linu, nyeri, dan kaku otot. Agar ototnya tidak kaku maka disarankan untuk mengikuti senam tersebut. Jadi, walaupun sudah lansia mereka tetap bisa melakukan aktivitas. Senam lansia ini juga meliputi senam anti stroke.” Jelas Ibu Anggi selaku Bidan Desa Boja saat di temui di aula pertemuan Balai Desa di Desa Boja, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang. (Jum’at, 5/07/2024).

Senam lansia dilakukan dengan durasi selama kurang lebih 30 menit dimulai dari pemanasan, gerakan peregangan otot, latihan keseimbangan, latihan kekuatan otot, dan diakhiri dengan pendinginan. Selain itu juga ditambah dengan senam anti stroke agar menghindari dari penyakit stroke karena para lansia rawan dengan serangan penyakit stroke. Setiap gerakan senam dirancang agar aman dan sesuai dengan kemampuan fisik para lansia. 

“Adapun cara memotivasi lansia untuk ikut senam yaitu dengan penyuluhan Posbindu selain itu juga melakukan aktivitas jalan-jalan pagi bersama teman seumur atau keluarga masing-masing. Kami berharap mahasiswa juga turut membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan mendukung bagi lansia.” Tambahnya.

Kesimpulannya, senam lansia adalah aktivitas olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental para lansia. Melalui penyelenggaraan sesi senam lansia dalam acara Posbindu di Desa Boja, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, diharapkan lansia dapat merasakan manfaat tersebut dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Dengan dukungan dari PKD dan partisipasi aktif para lansia khususnya Desa Boja, semangat untuk hidup sehat dan tetap terjaga dalam masyarakat. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline