Lihat ke Halaman Asli

kknmbposko55

mahasiswa

Malam 1 Muharram di Dukuh Gumuk, Desa Kranggan, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Diperbarui: 8 Juli 2024   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Mahasiswa KKN di Malam 1 Muharram/dokpri

Sabtu malam (06/07/2024), Mahasiswa KKN MB Posko 55 UIN Walisongo Semarang mengikuti serangkaian kegiatan Malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H yang diadakan oleh masyarakat di jalan desa, Dukuh Gumuk, Desa Kranggan, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Peringatan tahun baru hijriyah tersebut dimulai pada pukul 20.00 WIB dengan acara inti yaitu Mauidhoh Hasanah. Diawali dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an kemudian sambutan-sambutan lalu penyampaian Mauidhoh Hasanah dan yang terakhir yaitu pembacaan doa dan penutupan. Momentum peringatan malam 1 Muharram tersebut menjadi acara rutinan tiap tahun bagi masyarakat di Dukuh Gumuk dan diikuti pula oleh jajaran perangkat desa setempat.

Pada kegiatan Malam Tahun Baru Islam 1 Muharram kali ini, Tim KKN dari UIN Walisongo diminta oleh Ketua RT 01 yaitu bapak Mujahidin untuk bisa membantu terlaksananya acara tersebut. Pembacaan Tilawatil Qur'an diwakili salah satu anggota KKN UIN Walisongo yaitu saudari Lintang Aulia.

Pelantunan ayat suci Al-Qur'an yang dilantunkan oleh saudari Lintang Aulia/dokpri

Selanjutnya adalah sambutan dari ketua KKN Posko 55 UIN Walisongo yaitu saudara Ma'rifat Al-Haq Syir Nur Khaliq. Pada kesempatan tersebut Haqi menyampaikan rasa syukur yang mendalam karena  diberi kesempatan serta disambut hangat oleh masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan Malam Tahun Baru 1 Muharram bersama anggota KKN Posko 55 UIN Walisongo dan masyarakat Dukuh Gumuk, Desa Kranggan.

Sambutan dari Ketua Kelompok KKN MB Posko 55 UIN Walisongo/dokpri

Tim KKN Posko 55 UIN Walisongo juga diberi kesempatan untuk bisa mengisi Mauidhoh Hasanah. Pada kesempatan tersebut tim KKN Posko 55 diwakilkan oleh saudara Moch. Ubaidillah yang membawakan tema tentang Kemuliaan di Bulan Muharram. Inti dari pembahasan Mauidhoh Hasanah yang disampaikan oleh Ubaid adalah di bulan Muharram diharapkan mampu memperbanyak amal ibadah terkhusus pada tanggal 9, 10, dan 11 dianjurkan untuk berpuasa karena kemuliaan berpuasa di bulan Muharram dapat dihapuskannya dosa 1 tahun yang lalu.

Penyampaian Mauidhoh Hasanah oleh saudara Moch. Ubaidillah/dokpri

Setelah penyampaian mauidhoh hasanah dari Tim KKN Posko 55 UIN Walisongo, selanjutnya dilanjutkan penyampaian mauidhoh hasanah dari Bapak K. H. Ahmad Zainuddin, S. Ag. Bapak K. H. Ahmad Zainuddin, S. Ag., beliau menegaskan apa yang telah disampaikan oleh anggota Tim KKN. Beliau hanya menambahkan tentang nilai-nilai yang dapat diambil dari hijrahnya Nabi Muhammad SAW  dari Makkah ke Madinah.

Penyampaian Mauidhoh Hasanah oleh Bapak K. H. Ahmad Zainuddin, S. Ag./dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline