Lihat ke Halaman Asli

Peran Aktif UMKM Olean dalam Reaktivasi Taman Alam Olean: Sinergitas Antar-Lembaga Desa Olean

Diperbarui: 20 Juni 2023   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Peserta, Panitia, dan Tamu Undangan Acara Reaktivasi Taman Alam Olean (dokpri)

SITUBONDO -  Taman Alam Olean adalah salah satu kegiatan bermanfaat yang ada di Desa Olean, Situbondo. Membantu anak-anak dan remaja untuk meningkatkan bidang minat bakatnya. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisata "Karang Kenek" atau biasa dikenal dengan sebutan KK 26. Namun naasnya, akibat COVID-19 dan musibah angin putting beliung yang merusak KK 26 di tahun 2022 kegiatan ini terhenti.

Reaktivasi Taman Alam Olean (TAO) menjadi salah satu fokus kontribusi kelompok 2 mahasiswa KKN MBKM Universitas Jember Membangun Desa (UMD) angkatan ke-3. Kegiatan reaktivasi dilaksanakan selama satu hari di hari Minggu, 11 Juni 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Olean, Pak Anshori, Ketua Umum TAO, Pak Jefri, Kelompok Disabilitas Desa (KDD), LP2M Universitas Jember, Pelopor Peduli Disabilitas Situbondo (PPDIS), SD Negeri di Olean, dan pelaku UMKM.

Salah Satu Stand UMKM (dokpri)

Salah satu hal yang menjadi ikon dalam acara Reaktivasi Taman Alam Olean adalah UMKM potensial yang berhasil dikumpulkan untuk menjadi salah satu pengisi stand makanan. Dengan batuan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (DISKOPERINDAG) Situbondo yang menyumbangkan stand, dalam kegiatan ini UMKM yang berhasil terjangkau adalah Cendol Dawet, Gethuk Singkong, Kentang Telur (Tanglur), Pentol, sate-satean, dan Bakso.

Kudapan yang dijual oleh UMKM Olean ini berhasil menarik perhatian berbagai peserta di acara Reaktivasi Taman Alam Olean dari anak-anak hingga dewasa. UMKM ini juga berpotensi menjadi UMKM yang akan dibina untuk berpartisipasi dalam acara tahunan nasional Olean, yakni Temu Inklusi Nasional di tahun 2023.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline