Lihat ke Halaman Asli

KKN MBKM Rejosari 2022

Universitas Negeri Malang

KKN MBKM UM 2022: Optimalisasi Penggunaan Katalog Website dalam Bahasa Inggris sebagai Strategi Pemasaran

Diperbarui: 14 Oktober 2022   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

optimalisasi katalog website/dokpri

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan sebagai bahasa pengantar seluruh sumber informasi global di berbagai sektor. Kegunaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional nomor satu juga disebabkan isu-isu global yang mengharuskan masyarakat untuk bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan baik. 

Salah satu isu pentingnya kebutuhan Bahasa Inggris adalah diberlakukannya Asean Economic Community (AEC) yang baru saja dimulai pada awal 2016, dimana negara anggota ASEAN mulai saling berintegrasi mewujudkan visi ASEAN sebagai pasar tunggal produksi bersama di tahun 2020. 

Terbukanya kesempatan masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi dan berkompetisi secara internasional mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris yang baik dari setiap individu.

Memahami bahasa Inggris bisa mendatangkan banyak manfaat bagi siapapun yang berniat atau yang sudah menjadi pebisnis. Sebagai pebisnis yang ingin merintis sebuah usaha, tentunya kita harus membekali diri kita dengan skill  komunikasi. 

Dengan menguasai bahasa Inggris, kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan siapapun, terutama ketika kita ingin memperluas usaha kita dan memperkenalkan produk kita di media sosial yang tentu saja terhubung oleh konsumen seluruh dunia. Tak hanya bisnis perusahaan besar, bisnis seperti UMKM pun wajib memiliki skill ini, untuk memperluas jangkauan konsumen.

Rabu,28 September 2022, salah satu mahasiswa KKN MBKM UM yang berasal dari Jurusan Sastra Inggris yaitu Hillary Mayor mewujudkan gagasan pentingnya Bahasa Inggris sebagai stategi pemasaran dengan membuat catalog website dalam Bahasa Inggris sebagai optimalisasi pemasaran UMKM Batik Ndhil Koro oleh ibu Riyani Ambarwati. Usaha optimalisasi dan pembuatan katalog dilakukan dengan jangka waktu 3 minggu di bulan September. 

Optimalisasi dilakukan 4 tahapan yaitu; pembuatan catalog, pembuatan konten, pemotretan produk, dan memperkenalkan,menunjukan tutorial pengoperasian, serta membagikan website katalog ini di media sosial Batik Ndhil Koro. 

Optimalisasi ini bertempat di Griya Batik Ndhil Koro, Kampung Terang, Desa Rejosari Bantur. Setelah melakukan tahapan terakhir, dilakukan foto bersama dengan pemilik UMKM Batik Ndhil Koro bersama dengan Hillary dan tim KKN  MBKM UM 2022 lainnya. 

Optimalisasi yang dilakukan oleh mahasiswa Sastra Inggris ini juga tentu saja akan berkelanjutan. Kelanjutan akan dibantu sepenuhnya antara mahasiswa dan ibu Riyani Ambarwati. Kelanjutan optimalisasi ini antara lain; mengupdate potret, desain, dan konten lainnya yang terdapat pada katalog website tersebut.

Untuk kalian yang ingin tau seperti apa katalog website Batik Ndhil Koro, anda bisa mengunjungi katalog di laman berikut Batik Ndhil Koro . Ayo support UMKM Batik Ndhil Koro~

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline