Lihat ke Halaman Asli

KKN MB 18

Mahasiswa

Membuka Peluang Baru bagi UMKM: KKN UIN Walisongo Sukseskan Program UMKM Pelatihan Pembuatan Popcorn Jagung

Diperbarui: 7 Agustus 2024   22:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Kominfo KKN MB Posko 92 (Dokpri) 

Pada tanggal 23 Juli 2024, warga PKK Desa Sendang mengikuti pelatihan program UMKM produksi popcorn jagung yang diadakan oleh Kelompok KKN Moderasi Beragama Posko 92 UIN Walisongo Semarang. Acara yang berlangsung di Balai Desa Sendang ini dimulai pada pukul 09.00 dan bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan kepada warga dalam memproduksi dan mengolah biji jagung menjadi popcorn dengan aneka rasa serta membantu warga untuk menciptakan pelaku UMKM baru berbasis biji jagung (popcorn). Pelatihan produksi popcorn jagung ini dipandu oleh salah satu mahasiswa KKN yang memiliki potensi dalam mengolah biji jagung menjadi popcorn, Fuji Rondlotul Haniah.

"Pelatihan pembuatan popcorn jagung ini diikuti sebanyak 20 warga PKK yang ada di 6 dusun wilayah Desa Sendang," ujarnya

Ia menjelaskan, dalam pelatihan itu para peserta diberikan bekal mulai dari tahapan memanaskan, kemudian proses biji jagung dapat mengembang, dan pengolahan aneka macam rasa yang akan dicampur kedalam popcorn.

Tim Kominfo KKN MB Posko 92 (Dokpri) 

Dengan mengikuti pelatihan, Fuji berharap para peserta bisa menyerap ilmu dan materi yang diberikan dengan baik sehingga bisa membantu membuka peluang usaha untuk menambah penghasilan. Ditambah pula dengan banyaknya media sosial dan marketplace yang saat ini tersedia dapat dimanfaatkan para peserta untuk mempromosikan dan menjual berbagai produk usahanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline