Lihat ke Halaman Asli

KKN MB 18

Mahasiswa

Mahasiswa KKN Kolaborasi dengan Puskesmas Wonotunggal dan Bidan Desa Sendang Lakukan Sosialisasi Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian DBD

Diperbarui: 6 Agustus 2024   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Kominfo KKN MB Posko 92

Kamis, 19 Juli 2024, pukul 09.00 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari MB Posko 92 bersama Puskesmas Wonotunggal dan Bidan Desa Sendang menyelenggarakan sosialisasi intensif mengenai pencegahan dan pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Gedung Aula Kantor Balai Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar terhindar dari gigitan nyamuk Aedes aegypti, vektor penyakit DBD, serta mendorong perubahan pola hidup yang mendukung lingkungan bebas nyamuk. Sosialisasi dipimpin oleh Bidan Ossi dari Desa Sendang dan Bu Rina Indah dari Puskesmas Wonotunggal.

Bidan Ossi memberikan penekanan pada strategi pengendalian DBD, menyatakan, "Kerjasama antara desa dalam surveilans radius 100 meter dan kerja sama dengan kecamatan serta puskesmas untuk fogging telah dimulai. Kami mendukung inisiatif masyarakat dalam upaya swadaya, meskipun dengan keterbatasan yang kami hadapi."


Fuji, salah seorang peserta, menegaskan pentingnya pendekatan preventif, "Lebih baik mencegah daripada mengobati." Ia juga berharap agar kesadaran akan pentingnya pencegahan DBD terus meningkat di masyarakat.
Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya bersama untuk mengurangi kasus DBD di wilayah tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline