Semarang, kompasiana.com- Minggu, 21 Juli 2024 Tim KKN Posko 01 UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing dengan tema “Strategi manajemen Media Sosial Guna Meningkatkan Efektivitas Promosi UMKM”. Kegiatan tersebut diadakan di Aula Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang yang dihadiri oleh 17 peserta, terdiri dari tokoh Masyarakat, karang taruna, serta pelaku UMKM di Kampung Malon. Kegiatan Pelatihan Digital Marketing mendatangkan Feby Alfiana, S. Pd selaku narasumber yang merupakan owner dari BS Collection.
Materi yang disajikan dalam kegiatan Digital Marketing adalah strategi yang dapat digunakan dalam proses pemasaran UMKM. Narasumber menggunakan media sosial sebagai strategi utama guna meningkatkan efektivitas promosi yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM. Dalam hal itu, peserta diarahkan untuk memanfaatkan media sosial secara optimal untuk memperoleh hasil yang memuaskan dalam promosi.
Selain itu, tim KKN UIN Walisongo juga mengadakan FGD (Focus Group Discusssion) dengan peserta pelatihan Digital Marketing supaya mereka dapat memahami lebih dalam intisari dari kegiatan tersebut. Dalam FGD, 4 mahasiswa sebagai fasilitator bertugas memaparkan secara khusus kepada 17 peserta pelatihan yang dibagi menjadi 3 kelompok. Dalam hal itu, mereka menjelaskan kepada peserta tentang pemanfaatan 4 media sosial, yaitu Instagram, CapCut, Canva, dan Chat GPT.
Penulis: Hana Yulita Rakhmawati
Editor: Syalisa Amani Fatiha
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H