Lihat ke Halaman Asli

KKN MB 040 IAIN Kudus

Mahasiswa KKN-MB 040 IAIN Kudus

Peduli Gizi Cegah Stunting: Puskesmas Grobogan Berkolaborasi dengan KKN-MB 040 IAIN Kudus Bagikan Makanan Tambahan Untuk Ibu Hamil KEK

Diperbarui: 27 September 2024   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi Tim KKN-MB 040 IAIN Kudus

Grobogan, 25 September 2024 – Pemerintah Desa Karangrejo, Kecamatan Grobogan telah membuat berbagai program untuk menurunkan angka stunting, salah satunya yaitu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil. Dalam program tersebut, Kelompok KKN-MB 040 IAIN Kudus Desa Karangrejo berkolaborasi dalam kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil yang masuk dalam kategori Kekurangan Energi Kronis (KEK). Kondisi KEK yaitu ketika lingkar lengan kiri ibu hamil kurang dari 23,5 cm.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan asupan gizi ibu hamil (KEK) di Desa Karangrejo. Makanan tambahan yang dibagikan telah dipertimbangkan kandungan gizinya dan disesuaikan dengan ketentuan menu dari puskesmas. Salah satu kader posyandu mengatakan bahwa pemberian makanan tambahan terhadap ibu hamil dapat menjadi salah satu program untuk mencegah stunting pada anak. “Program ini berjalan selama 120 hari mulai dari awal Juni sampai terakhir besok tanggal 30 September. Dan untuk hari ini, menu yang diberikan ada puding, jus jambu, telur, dan perkedel tahu,” ucap Bu Sumiyati.

Adanya program pemberian makanan tambahan ini, diharapkan dapat memenuhi gizi bagi ibu hamil dengan kategori KEK yang ada di Desa Karangrejo dan membantu pencegahan stunting pada anak. “Program PMT yang telah berjalan ini sangat membantu saya dalam perbaikan gizi, salah satunya perubahan pada lingkar lengan kiri saya” ucap salah satu ibu hamil yang masuk dalam kategori KEK.

Kelompok KKN-MB 040 juga berharap bahwa program pemberian makanan tambahan sebagai salah satu upaya pencegahan stunting dapat terus berlanjut dan didukung oleh seluruh pihak. Sehingga program pencegahan stunting menjadi salah satu program penting yang harus diperhatikan. Karena anak yang mengalami stunting berisiko mengalami gangguan perkembangan dan peningkatan risiko berbagai penyakit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline