Lihat ke Halaman Asli

KKN Margaasih

Mahasiswa

Peringatan 17 Agustus jadi Ajang Promosi Pola Hidup Sehat di Desa Margaasih

Diperbarui: 31 Agustus 2023   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lapangan RW 16 Desa Margaasih (dokpri)

17 Agustus merupakan hari peringatan kemerdekaan Indonesia. Desa Margaasih yang terletak di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, ikut meramaikan hari ini dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dengan mempromosikan pola hidup sehat, seperti lomba senam dan kegiatan jalan sehat.

Pola hidup sehat tidak cukup hanya dengan makanan bergizi, tetapi juga dengan olahraga. Pola hidup sehat adalah pola hidup yang mempertimbangkan kesehatan tubuh dalam berbagai aspek, dari asupan makanan, kebersihan lingkungan, hingga aktivitas fisik. Pola hidup ini penting diterapkan demi peningkatan kesejahteraan dan kualitas kehidupan masyarakat.

Menurut Kemenkes RI, rekomendasi aktivitas fisik dalam sehari adalah 150 menit per minggu atau 30 menit perhari, dilakukan selama 5 hari per minggu. Aktivitas fisik ini harus melibatkan kerja seluruh bagian tubuh, yang bisa dicapai dengan melakukan jogging, bersepeda, senam, renang, dan sebagainya. Target 30 menit dalam sehari pun bisa dipecah menjadi beberapa bagian sesuai kesanggupan. Misalnya, 2x15 menit atau 3x10 menit dalam sehari.

Lomba senam aerobik dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023 dari pukul 07.45 hingga pukul 11.00. Terdapat 40-60 peserta yang merupakan warga Desa Margaasih dari berbagai RW. Lomba ini terdiri dari dua babak, babak penyisihan dan babak final. Penilaian peserta dilihat dari ketepatan gerakan dan ketahanan daya tubuh selama senam. 

Lapangan Depan Puskesmas Desa Margaasih (dokpri)

Pada hari berikutnya, Minggu 20 Agustus 2023, Desa Margaasih melaksanakan kegiatan jalan sehat. Setiap RW di Desa Margaasih mengirimkan perwakilan sebanyak 20 orang untuk mengikuti kegiatan jalan sehat. Kegiatan jalan sehat dilaksanakan dengan rute Puskesmas Margaasih - Kantor Kecamatan Margaasih, yaitu sepanjang 6 km.

Mahasiswa KKN Margaasih dari Universitas Pendidikan Indonesia ikut meramaikan lomba senam aerobik dan kegiatan jalan sehat di atas. Mahasiswa KKN Margaasih bertugas untuk mengkondisikan para peserta, menjadi pembawa acara, dan menjaga pos kegiatan jalan sehat.

Kegiatan senam aerobik dan jalan sehat mendapatkan respon positif dari warga Dessa Margaasih. Kegiatan senam aerobik dan jalan sehat  yang dilakukan melibatkan seluruh kalangan masyarakat dari anak-anak, remaja dan juga orang tua. Keterlibatan mahasiswa KKN Tematik Desa Margaasih 2023  dalam membersamai pengurus PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) menjadikan program Desa ini terlaksana dengan baik dan tuntas sesuai dengan perencanaan. Bentuk kegiatan Desa Margaasih ini juga merupakan salahsatu bentuk mempromosikan pola hidup sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline