Lihat ke Halaman Asli

KKN MaosKidul

mahasiswa

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat KKN Kelompok 85 UIN Saizu Kembangkan Mini Library

Diperbarui: 26 Agustus 2023   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Rabu, 9 Agustus 2023 Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 52 UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri yaitu Kelompok 85 secara resmi nyerahkan Mini Library sebagai upaya mengembangkan Taman Baca Masyarakat di Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. Harapannya dengan hal ini mampu meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

Serah terima yang dilaksanakan di Pendopo Balai Desa ini, dihadiri oleh Kepala Desa Maos Kidul, Segenap Ibu-ibu PKK, Perangkat Desa dan beberapa elemen masyarakat. Mini Library ini secara simbolis diserahkan kepada Kepala Desa Maos Kidul yang selanjutnya akan menjadi tanggungjawab PKK khususnya Tim Penggerak PPK Pokja 2 yang membidangi dalam hal pendidikan.

Mini Library adalah salah satu program kerja unggulan yang digagas oleh KKN Kelompok 85. Progam kerja ini dirancang sejak pertama kali mahasiswa tiba di Desa Maos Kidul. Dengan berbekal informasi potensi desa yang perlu dikembangkan mahasiswa merealisasikan program unggulan ini secara bertahap mulai dari persiapan yang terdiri dari pembuatan pamflet donasi buku, menyiapkan tempat hingga mengatur dekorasi ruang. Tahap selanjutnya mahasiswa mulai mengumpulkan buku-buku hasil donasi dan dilanjutkan menyortir buku hasil donasi yang masih layak baca. Donatur buku sendiri terdiri berbagai elemen masyarakat mulai dari masyarakat Desa Maos Kidul, dosen, mahasiswa, dan sebagainya.

Buku-buku yang diperoleh dari hasil donasi berisi buku anak-anak, novel, buku sastra, buku geografis, buku ekonomi dan sebagainya.

Input sumber gambar

Mini Library terletak dilingkungan Balai Desa Maos Kidul. Sebagai pelengkap agar pengunjung merasa nyaman, mahasiswa juga menyiapkan karpet dan menata buku sesuai dengan kategori supaya lebih mudah dalam pencarian buku.

Pengembangkan kembali Mini Library oleh mahasiswa dilakukan mulai dari sosialisasi tentang kepustakaan kepada PKK dan Karang Taruna setempat. Tidak hanya itu mahasiswa juga melakukan sosialisasi Mini Library kepada masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Dalam pengoperasiannya mahasiswa KKN dibagi menjadi kelompok piket yang terdiri dari 3 - 4 orang  setiap harinya. Piket menjaga Mini Library ini dimulai dari jam 14.00-16.00 WIB. 

Input sumber gambar

Beng Sunarjo selaku Kepala Desa Maos Kidul memberikan tanggapan bahwa Mini Library ini sangat bermanfaat bagi Desa Maos Kidul "Saya mewakili masyarakat berterimakasih kepada Mahasiswa KKN, Mini Library ini sangat bermanfaat untuk desa terutama untuk meningkatkan literasi baca anak-anak"

"Progam kerja ini diharapkan dapat mengembangkan budaya literasi masyarakat desa Maos Kidul terutama anak-anak sehingga dapat menciptakan generasi dengan literasi baca yang tinggi" Ungkap Rena Otavia selaku mahasiswa penanggungjawab dalam pelaksanaan program kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline