Lihat ke Halaman Asli

KKN 139Kumbangsari

Mahasiswa Universitas Jember

KKN UMD UNEJ: Tingginya Antusias Siswa SD Kumbangsari dengan Adanya Bimbingan Belajar

Diperbarui: 30 Juli 2023   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bimbingan belajar merupakan aktivitas belajar tambahan yang diberikan kepada siswa di luar sekolah untuk menambah pengetahuan serta menyelesaikan masalah belajar sehingga tercapai tujuan belajar yang diinginkan. Bimbingan belajar yang diberikan memiliki manfaat untuk siswa seperti siswa menjadi lebih mengetahui atau memahami materi yang belum atau sudah diberikan di sekolah.

Mahasiswa KKN UMD Universitas Jember Kelompok 139 mengadakan program kerja bimbingan belajar di Desa Kumbangsari, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini ditujukan pada siswa SD di Desa Kumbangsari. Desa Kumbangsari memiliki dua sekolah dasar yakni SDN 1 Kumbangsari dan SDN 2 Kumbangsari. Kegiatan ini diadakan karena terdapat beberapa siswa yang masih kurang dalam baca tulis hitung (calistung), memahami materi di sekolah, dan kurangnya peran orang tua dalam membantu siswa mengerjakan PR dari sekolah karena orang tua kurang paham mengenai PR yang diberikan oleh sekolah sehingga siswa kesulitan dalam mengerjakan PR tersebut.

dokpri

Bimbingan belajar dilaksanakan selama empat kali dalam seminggu tepatnya pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat di kantor balai Desa Kumbangsari pada pukul 19.00 hingga 20.30 WIB. Kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 24 Juli 2023 hingga kegiatan KKN berakhir. Kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan Mahasiswa KKN UMD UNEJ diantaranya memberikan materi sesuai dengan tingkatan kelasnya, membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, memberikan permainan mengenai materi yang diajarkan, serta pemberian hadiah kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Tujuan diadakannya permainan ini agar belajar menjadi lebih seru dan materi mudah diingat. Kegiatan ini rutin dilaksanakan, tetapi tidak wajib untuk anak anak ikut di setiap minggunya. Antusias dari siswa Desa Kumbangsari patut diacungi jempol karena siswa sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan bimbingan belajar yang diselenggarakan.

Dengan adanya program kerja bimbingan belajar, harapannya siswa SD di Desa Kumbangsari dapat lebih memahami materi dan meningkatkan pengetahuannya. Selain itu, harapannya juga agar anak-anak tersebut semakin termotivasi untuk mengejar cita-cita dan meraih impian mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline