Lihat ke Halaman Asli

KKN 139Kumbangsari

Mahasiswa Universitas Jember

Mengenal Lebih Dekat Desa Kumbangsari

Diperbarui: 23 Juli 2023   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN 139 UNEJ KUMBANGSARI

KKN UNEJ TEMATIK PERIODE II 2022/2023: Mengenal Lebih Dekat Desa Kumbangsari, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo

Upacara penerjunan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember Tahun Akademik 2022/2023 periode II resmi dilakukan pada Rabu, 12 Juli 2023 bertempat di Lapangan Universitas Jember. Program KKN ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa akan mengimplementasikan bidang keilmuannya kepada masyarakat desa ataupun lokasi penempatan pada program KKN ini.

Program KKN Universitas Jember Periode II terbagi dalam beberapa kelompok yang tersebar di berbagai desa di Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo. Salah satunya adalah Desa Kumbangsari.

Desa Kumbangsari terletak di Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Pada periode ini, KKN diselenggarakan selama 40 hari mulai dari 12 Juli sampai dengan 21 Agustus 2023. Tim KKN UNEJ kelompok 139 yang beranggotakan 10 orang dari berbagai fakultas di UNEJ mendapatkan amanah untuk melakukan kegiatan pengabdian di desa ini. 

Kelompok 139 yang ditempatkan di Desa Kumbangsari dibimbing oleh Ibu Yeni Maulidah Muflihah, S.Si, M.Si.Ph.D, Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan anggota kelompok Bintang Kunjung Wahyu, Indah Nur Laili, Ariell Ubay Putra Nugraha, Assa Ardhana Reswari, Vivi Alviana Lukman Putri, Akhmad Bahari Ilmi, Anggi Putri Famungkas, Lutfia Nabila Nazmi Lail, Siti Nur Lutfiyah, dan Ghaiska Najma Amnur.

Desa Kumbangsari memiliki 5 Dusun yaitu: Dusun Krajan, Dusun Toroy, Dusun Sekolahan, Dusun Kedawuhan, dan Dusun Kaju Raje. Desa Kumbangsari terletak di daerah pesisir pelabuhan jangkar dengan akses jalan yang sudah diaspal dan layak untuk dilalui. Kantor Balai Desa Kumbangsari terletak di Dusun Krajan, Desa Kumbangsari, Kec. Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68372.

Desa Kumbangsari memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. Terdapat lahan pertanian dan lahan pekarangan subur yang cocok untuk tanah perkebunan. Mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai petani dan peternak. Petani di desa ini mayoritas bertani jagung, cabai, dan bawang merah. Sedangkan untuk peternaknya sendiri, warga Desa Kumbangsari mayoritas memiliki hewan ternak sapi di setiap rumahnya. 

Oleh karenanya, tidak heran jika beternak sapi menjadi kegiatan sampingan para warga. Sapi dianggap warga sebagai bentuk investasi yang dapat digunakan sewaktu acara besar. Beberapa warga Desa Kumbangsari juga memiliki UMKM yang kebanyakan sudah maju seperti UMKM pembuatan marning dan kerupuk petulo.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline