Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UBP Sukses Dalam Menjalankan Desa Program SGDS Desa Sehat dan Berkualitas

Diperbarui: 1 Agustus 2023   20:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Plakat KKN Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Kepada Kelurahan Karangpawitan. Dokpri

KKN atau kuliah kerja nyata merupakan kegiatan penelitian, pengabdian, kepada masyarakat. KKKN di laksanakan
Sebanyak 16 mahasiswa Dari 8 Program Studi Universitas Buana Perjuangan  dengan bimbingan dosen Amelia Nur Fariza ST., M.Sc. di desa Buher Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang dan dilakukan interdispliter dan intrakulikuler dengan kurun waktu 1 bulan.

"Dari 18 program pencapaian SDGs Desa yang dicanangkan oleh Pemerintah RI, salah satunya adalah Program Desa Sehat dan Berkualitas. Selain program itu, Tim KKN Mahasiswa Lintas Program Studi UBP Karawang juga telah melaksanakan program kerja lainnya di Desa Buher," Kegiatan Tim KKN Mahasiswa Lintas Program Studi UBP Karawang juga mendapat sambutan baik dari Kepala Desa Buher. Bahkan beliau merespon positif salah satu kegiatan KKN Tahun 2023 berbasis SDGs ini.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari warga Desa Buher, dan Kepala Desa,
Rustam, menyampaikan rasa terima kasihnya atas segala bentuk kegiatan yang telah membantu masyarakat. Meskipun KKN sudah berakhir, rekan-rekan mahasiswa tetap menjalin silaturahmi dengan warga, sehingga dampaknya sangat terasa bagi masyarakat. "Program kerja yang telah dilakukan oleh mahasiswa UBP Karawang telah memberikan dampak positif untuk masyarakat desa, dari anak-anak hingga lansia," ucap
Rustam.

program kerja KKN dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa dan tema KKN UBP Karawang 2023 yaitu "Gotong Royong Membangun Desa Berkarya dan Berdaya Menuju Tercapainya SDGs Desa." Mereka menyasar berbagai bidang, mulai dari pendidikan, literasi, kesehatan, pengelolaan sampah, keuangan, SDM, UMKM, hingga digitalisasi, serta gerakan peduli lingkungan desa.

Kegiatan KKN ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari tri darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu yang dipelajari di kampus harus diaplikasikan di lingkungan sesungguhnya, yaitu masyarakat, dan dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Para mahasiswa berharap bahwa output dari kegiatan pengabdian ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan masyarakat desa, serta meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian Desa Buher.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline