Lihat ke Halaman Asli

kkn kolaboratifposko 242

Mahasiswa KKN Kolaboratif posko 242

Sosialisasi di Posyandu Mendorong Kemandirian dalam Ketahanan Pangan melalui Penanaman bibit Alpukat di Rumah

Diperbarui: 16 Agustus 2024   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Kolaboratif #3 Posko 242

                                                                                     

KKN Kolaboratif #3 Posko 242

Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan lokal, Program KKN Kolaboratif Posko 242 di Kelurahan Patrang, Kecamatan Patrang, menyelenggarakan sosialisasi di Posyandu Alamanda 20 dengan tema "Mendorong Kemandirian dalam Ketahanan Pangan Melalui Penanaman Bibit Alpukat di Rumah." Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan cara menanam alpukat sebagai langkah praktis dalam memperbaiki akses terhadap pangan bergizi di tingkat rumah tangga.

Alpukat dikenal kaya akan vitamin dan lemak sehat, yang mendukung kesehatan secara keseluruhan. Vitamin A, D, dan E serta lemak sehat dalam alpukat berkontribusi pada kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, serta penyerapan vitamin dan kesehatan jantung. Selain itu, alpukat juga memberikan folat penting bagi ibu hamil dan mendukung pertumbuhan anak dengan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan.

Sosialisasi ini mencakup langkah-langkah penanaman bibit alpukat, yaitu: memilih bibit yang sehat, menyiapkan lahan, menanam bibit, melakukan perawatan rutin, menentukan penempatan, dan memantau pertumbuhan tanaman. Dengan pendekatan ini, diharapkan keluarga dapat meningkatkan ketahanan pangan mereka dan mendapatkan manfaat nutrisi dari buah alpukat yang bergizi.

Acara di Posyandu Alamanda 20 ini dihadiri oleh 40 peserta, termasuk ibu-ibu posyandu, ibu hamil, serta balita dan batita. Melalui inisiatif ini, diharapkan dapat menciptakan kemandirian dalam ketahanan pangan yang lebih baik di tingkat rumah tangga, yang pada gilirannya berkontribusi pada pencegahan stunting dengan memastikan keluarga mendapatkan asupan gizi yang cukup dan berkualitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline