Lihat ke Halaman Asli

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Desa, KKN Kolaboratif 079 Mengadakan Sosialisasi Digital Marketing UMKM

Diperbarui: 24 Agustus 2023   17:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Pelaku Usaha Desa Klompangan seusai Acara (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Dalam rangka mewujudkan program kerja di bidang ekonomi, mahasiswa/i KKN-Kolaboratif 079 mengadakan kegiatan yang berjudul "Sosialisasi Digital Marketing dan Entrepreneurship dalam Memberdayakan UMKM Desa Klompangan." Kegiatan tersebut sukses digelar pada hari Selasa, 22 Agustus 2023 dan dihadiri oleh 15 pelaku usaha dari seluruh dusun di Desa Klompangan. UMKM yang kerap hadir pada acara ini datang dari berbagai bidang, tidak hanya bidang jual beli makanan namun pedagang lainnya seperti fashion, ikan hias, jambe, dan belut. Acara tersebut bertujuan untuk mendekatkan usaha dengan pelanggan, memahami pelaku usaha dengan lebih baik, menambah nilai suatu produk, memperluas jaringan distribusi dan juga meningkatkan angka penjualan dengan melakukan kegiatan e-marketing berbasis media digital seperti search engine marketing, online advertising dan affiliate marketing.

Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing dan Entrepreneurship (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Kegiatan sosialisasi dibimbing secara langsung oleh Bapak Eko Nuryahya selaku Founder Jemberpreneur. Beliau menyampaikan tujuh formula ampuh dalam memulai bisnis, membangun brand/merk yang mudah untuk diingat konsumen dengan keunikannya masing-masing, promosi melalui packaging produk, dan pemasaran di era digital. Tidak sampai disana, beliau juga meninjau produk-produk UMKM Desa Klompangan dan memberikan pendampingan usaha secara gratis. Pada akhir acara, kelompok KKN-Kolaboratif 079 memberikan kesempatan bagi seluruh pelaku usaha untuk mempromosikan produknya kepada audiens lainnya. Acara berjalan dengan lancar dan mendapatkan tanggapan positif oleh kedua belah pihak yaitu pemateri maupun peserta.

 "Melalui kegiatan ini saya mendapatkan banyak sekali ilmu baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh saya dan teman-teman pelaku usaha lainnya, semoga pelaku usaha dengan segala potensialnya di Desa Klompangan mampu melebarkan distribusi pemasaran produknya" Ujar Saiful selaku pelaku usaha di bidang Fashion.

Informasi Lebih Lanjut

Kunjungi Website Universitas Jember

Kunjungi Profile Desa Klompangan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline