Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Kolaboratif #3 Posko 071 Adakan Sosialisasi Ketahanan Pangan dan Pencegahan Stunting di Tiga Lembaga Pendidikan

Diperbarui: 21 Agustus 2024   18:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi (TK terpadu Baiturrahim)

Jember, Jawa Timur - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif #3 Posko 071 telah melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang ketahanan pangan dan pencegahan stunting di tiga lembaga pendidikan di Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan di TK Terpadu Baiturrohim, SDN Kemuningsari Kidul 01, dan SDN Kemuningsari Kidul 02. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat, khususnya para siswa, mengenai pentingnya ketahanan pangan dan pencegahan stunting.

"Kami ingin menyampaikan informasi yang penting kepada siswa-siswi di tiga lembaga pendidikan ini agar mereka memahami pentingnya menjaga ketahanan pangan dan mencegah stunting sejak dini," ujar Koordinasi Desa KKN Kolaboratif #3 Posko 071, Sofiyan Jansa Faujar.

Dokumentasi Pribadi (SDN Kemuningsarikidul 02)


Dalam kegiatan sosialisasi, para mahasiswa KKN memberikan materi tentang Kenapa kita harus bicara tentang makanan, apa itu stanting, apa itu ketahanan pangan, jenis makanan sehat dan manfaatnya, cara makan sehat setiap hari Selain itu, mereka juga mengajak para siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan praktik, seperti pembuatan kecambah.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, siswa-siswi dapat memahami betapa pentingnya menjaga ketahanan pangan dan mencegah stunting sejak dini. Selain itu, mereka juga bisa mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari di rumah masing-masing," tambah Sofiyan.

Dokumentasi Pribadi (SDN Kemuningsarikidul 01)


Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon yang sangat positif dari pihak sekolah dan masyarakat sekitar. Mereka mengapresiasi upaya mahasiswa KKN Kolaboratif #3 Posko 071 dalam mengedukasi dan memberdayakan masyarakat, khususnya di bidang ketahanan pangan dan pencegahan stunting.

"Kami sangat terkesan dengan kegiatan ini. Kami berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan agar pengetahuan dan pemahaman masyarakat semakin meningkat," ungkap Kepala Sekolah SDN Kemuningsari Kidul 02.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN Kolaboratif #3 Posko 071 telah memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Kemuningsari Kidul. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa KKN lainnya dalam melaksanakan program-program yang berdampak positif bagi masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline