Lihat ke Halaman Asli

KKN Ngajar Ngaji

Diperbarui: 29 Juli 2023   12:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokpri

Pada hari rabu, 19 juli 2023 Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) "Ngajar Ngaji" di setiap dusun di desa poncorejo jumlah dusun di poncorejo ada 7 dusun 5 kadus dan ngaji setelah maghrib merupakan salah satu bentuk kegiatan KKN yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan agama terutama pada anak-anak kecil yang saat ini adalah masa belajar. KKN Ngajar Ngaji bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan agama dan kesadaran beragama masyarakat di daerah tertentu. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para ustadz dan tim KKN yang membantu mengembangkan lebih optimal dan juga membantu mengajar ngaji.

Seperti yang di katakan bapak ustadz pada saat mengajar ngaji

"Anak-anak disini agak nakal mas/mbak dan harus sabar menghadapinya. Tetapi kita sebagai orang tua ini ujian buat kita untuk terus sabar, kalau bukan kita, siap lagi?"

Kegiatan KKN Ngajar Ngaji tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa. Mereka bisa belajar tentang tantangan dan realitas kehidupan di pedesaan atau daerah terpencil, sekaligus mengembangkan kemampuan kepemimpinan, komunikasi, dan empati. Namun, dalam melaksanakan KKN Ngajar Ngaji, perlu diperhatikan beberapa hal, seperti sensitivitas terhadap budaya setempat, menghargai perbedaan agama, dan tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sumber: dokpri

Mahasiswa KKN UIN Sunan kalijaga dan UIN Walisongo Semarang posko 83 desa poncorejo mengikuti kegiatan tahlilan rutin dilakukan oleh masyarakat setempat yaitu pengajian. Pengajian Dukuh milman dilakukan secara rutin pada setiap malam minggu dan senin. Dalam mengikuti kegiatan pengajian dan tahlil ini mahasiswa diharapkan bisa membuat dan menanamkan pribadi yang lebih baik serta diajarkan agar saling menghormati dan saling menghargai antar sesama. Pengajian ini dibagi menjadi dua, yaitu pengajian untuk laki- laki dan perempuan.

Pengajian untuk perempuan dilaksanakan setiap setelah shalat magrib. Kegiatan pengajian ini dilaksanakan di musholla dukuh milman. Pengajian ini sendiri berisikan pembacaan surat Yasin dan tahlilan bersama-sama. Jumlah masyarakat yang mengikuti pengajian cukup banyak. Pengajian yang dilaksanakan di sini tidak hanya diikuti oleh orang tua saja, melainkan juga beberapa dari kalangan anak-anak sampai remaja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline