Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaborasi 145 Melakukan Optimalisasi Sanitasi Lingkungan Disertai dengan Semangat Kemerdekaan

Diperbarui: 20 Agustus 2023   18:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

(Sabtu, 19/08/2023, Gambirono, Jember, Jawa Timur)

Pengertian kesehatan lingkungan menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indionesia) adalah suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung terciptanya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia. Demi mewujudkan hal tersebut, Kelompok KKN Kolaborasi 145 dengan sigap membantu para warga khususnya dengan para petani untuk mengolah limbah rumah tangga organik menjadi pupuk cair yang dapat digunakan untuk pertanian.

Pembuatan pupuk organik cair ini dimaksudkan untuk mengurangi sampah organik rumah tangga yang masih dibuang sembarangan dan tidak didaur ulang di desa Gambirono, Jember. Setelah penyuluhan pada dua minggu sebelumnya disertai dengan prakteknya, kami kelompok KKN 145 kembali bersilaturahmi kepada warga untuk mengecek kembali tingkat keberhasilan pupuk yang dibuat setelah selang 14 hari. Pupuk yang dibuat kemudian disaring dan juga disimpan kembali dengan rencana akan dilepas pada tanaman di tanggal 21 Agustus 2023. 

Kami para anggota kelompok KKN Kolaborasi 145 juga menelik ladang milik warga dimana kami dipersilahkan oleh salah satu warga untuk emlihar lahan sawah dimana kami menjadi tau apa saja jenis tanaman yang ditanam di sana.

Disamping itu, karena mendekati tanggal kemerdekaan NKRI, kami kelompok KKN 145 juga menyelenggarakan lomba di SDN Gambirono 05 disertai dengan senam bersama seluruh murid dan ibu-bapak guru disana. Kami disambut dengan sangat baik dan acara berjalan dengan meriah sesuai dengan tema kemerdekaan yang penuh semangat juang.

Demi memeriahkan kemerdekaan NKRI, kelompok KKN kolaborasi 145 mengikuti serangkaian kegiatan warga salah satunya adalah dengan mengikuti pengajian pada tanggal 16 Agustus yang bertepat di beberapa bagian daerah Desa Gambirono, Jember

Sekian Redaksi dari kelompok KKN Kolanorasi 145 untuk minggu kelima yang telah kami lewati bersama. Tetap jaga kesehatan serta kebersihan lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline