Lihat ke Halaman Asli

KKN KOLABORATIF066

Kolaborasi Universitas Se-Kabupaten Jember

KKN Kolaboratif 066: Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut ke Siswa PAUD dan TK Se-Desa Mumbulsari

Diperbarui: 6 Agustus 2023   20:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di TK Ash-Sholihin (Dok. Pribadi)

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini merupakan faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu program kerja unggulan dari kelompok KKN Kolaboratif 066 yang mendukung faktor tersebut adalah Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut. Kali ini, Mahasiswa KKN Kolaboratif 066 melakukan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut ke PAUD dan TK se-Desa Mumbulsari. Penyuluhan ini diselenggarakan di 3 sekolah PAUD dan TK yaitu di TK Ash-Sholihin di Dusun Krajan, PAUD dan TK Nurul Huda di Dusun Gambiran, serta PAUD dan TK Al-Amin di Dusun Sumber Tengah. 

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di PAUD dan TK Nurul Huda (Dok. Pribadi)

Pada saat penyuluhan, para siswa sangat antusias mengikuti dan mendengarkan materi yang dijelaskan oleh pemateri yang merupakan perwakilan dari mahasiswa KKN-K 066. Para siswa juga ikut mempraktikkan cara gosok gigi yang baik dan benar menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang telah dibawa sehingga para siswa semakin bersemangat mengikuti penyuluhan ini. Di penghujung acara Mahasiswa KKN-K 066 juga memberikan reward kepada para siswa sebagai bentuk apresiasi. 

Para siswa mendapatkan reward setelah mempraktikkan sikat gigi sendiri (Dok. Pribadi)

Selain dibantu dan didampingi oleh guru, pelaksanaan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di TK Al-Amin juga bekerja sama dengan mahasiswa KKPLP PKBM Nurul Huda 2023. Mahasiswa KKPLP PKBM Nurul Huda membantu dan mendampingi para siswa saat penyuluhan berlangsung. 

Mahasiswa KKN-K 066 berkolaborasi dengan Mahasiswa KKPLP PKBM Nurul Huda 2023 dalam Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di PAUD Al-Amin (Dok. Pribadi)

Dari kegiatan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut ini, masih banyak siswa yang belum memahami cara-cara menyikat gigi yang benar, seperti terlalu banyak penggunaan pasta gigi yang tidak sesuai usia dan arah menyikat gigi yang tidak benar. 

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut merupakan wujud kepedulian dan kepekaan dari mahasiswa KKN-K 066 dalam melihat pentingnya edukasi merawat mulut dan gigi sejak dini. Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan dapat mengubah perilaku dan sikap para siswa akan pedulinya dengan kesehatan gigi dan mulut sehingga tercapainya derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal dan baik.

~Jangan malas untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan gosok gigi dua kali sehari dan rutin memeriksakan kesehatan gigi~




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline