Lihat ke Halaman Asli

KKNK 020Kasiyan

KKN KOLABORATIF #2 TAHUN 2023

Pemanfaatan Minyak Jelantah menjadi Lilin Aromaterapi oleh Mahasiswa KKN-K 020

Diperbarui: 13 Agustus 2023   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa KKN Kolaborasi Kelompok 020 Desa Kasiyan Timur mengadakan sosialisasi mengenai pemanfaatan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi dan strategi pemasarannya di Desa Kasiyan Timur, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Kantor Desa Kasiyan Timur dan dihadiri oleh perwakilan ibu-ibu kader posyandu masing-masing Pos Lemuru. 

Pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya UMKM di Desa Kasiyan Timur yang tentunya menghasilkan limbah minyak jelantah. Tak hanya UMKM yang menghasilkan limbah, tetapi juga limbah rumah tangga juga menghasilkan minyak jelantah setiap harinya. 

Mengetahui hal tersebut kelompok KKN-K 020 berinisiatif untuk memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu kader posyandu untuk dapat memanfaatkan limbah minyak jelantah yang ada. Selain itu, mengacu pada SDGs No. 12 (Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan) Desa Kasiyan Timur yang memiliki skor rendah 7,43 sehingga dirasa program ini merupakan program yang tepat untuk dijadikan program kerja utama oleh tim KKN-K 020.

Acara ini dibuka oleh MC dari anggota tim KKN-K 020, Izzata Barid Zein dan dilanjutkan dengan Sambutan oleh Koordinator Desa : Gustiara Hera dan Ibu Kepala Desa : Eva Tri Astuti. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam pelaksanaannya anggota tim KKN-K 020, Fina Dwi Septiana dan Fina Rizqillah menjelaskan tentang apa itu minyak jelantah, bagaimana dampaknya bagi tubuh, tujuan dan manfaat diadakannya kegiatan pemanfaatan limbah minyak jelantah, serta pemasaran lilin aromaterapi terutama melalui E-commerce Shopee. Lalu, dilanjutkan dengan adanya demonstrasi tutorial pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah oleh anggota tim KKN-K 020, Aurania Putri Pratama dan Elli Dwi Kurnia. Lalu, ditutup oleh Dewan Pembimbing Lapangan, Dr. Nur Widodo, S.Pt., M.Sc. dengan memberi motivasi dan ajakan untuk menerapkan pemanfaatan minyak jelantah.

Kegiatan sosialisasi ini disambut baik oleh ibu-ibu kader posyandu. Mereka tampak antusias dan tertarik selama seluruh rangkaian kegiatan acara. Bahkan setelah acara berakhir, tampak beberapa ibu-ibu peserta tertarik untuk melanjutkan program pemanfaatan limbah minyak jelantah tersebut dengan meminta tolong kepada anggota KKN-K 020 untuk membelikan bahan baku lilin aromaterapi yang terdapat di daerah kota Jember. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline