Lihat ke Halaman Asli

KKN Tim II Undip

KKN Tim II Undip Desa Klikiran Tahun Ajaran 2023

Menulis Cerita dengan Ilmu Fiqih: Latihan Penulisan untuk Anak Madrasah di Desa Klikiran

Diperbarui: 15 Agustus 2023   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Klikiran, Brebes (26/7/2023). Menulis haruslah menjadi kemampuan yang dimiliki setiap anak sejak kecil. Apabila anak sudah dibiasakan menulis, maka anak akan lebih mudah menyerap dan menerima ilmu-ilmu yang lainnya. Untuk mengembangkan potensi literasi berbahasa yang baik dan benar, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro melakukan Latihan menulis karya sastra untuk siswa dan siswi Madrasah Bahrul Ulum di Desa Klikiran, Jawa Tengah.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam dua hari, yaitu Selasa dan Rabu, 25-26 Juli 2023. Pada hari pertama, diberikan materi berupa penjelasan tentang menulis dan mengarang, juga ditambahkan ilmu fiqih yang sesuai dengan kurikulum di madrasah. Pada hari berikutnya, anak-anak ditugaskan untuk membuat karangan cerita berdasarkan materi fiqih yang sudah diberikan. Siswa dan siswi dengan cerita terbaik akan mendapatkan hadiah berupa buku bacaan anak tentang fiqih.

Agar karangan yang dibuat lebih variatif, anak-anak juga ditugaskan untuk menggambar deskripsi dari cerita yang mereka karang. Hal ini mendapat respon baik dari para anak, karena kebanyakan dari mereka gemar menggambar. Sambutan baik dari pihak madrasah dan siswa-siswi madrasah menjadi dukungan besar atas keberhasilan program latihan menulis ini. Meskipun masih ada beberapa anak yang masih belum terbiasa mengarang, tapi dengan adanya pencerdasan ini, anak-anak akan semakin familiar dengan dunia tulis menulis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline