Lihat ke Halaman Asli

KKN KLEGO UNDIP 2023

TIM 1 KKN Undip 2022/2023

Yabai!!! Mahasiswa KKN Undip Memperkenalkan Japanese Food Guide Spinning Top

Diperbarui: 6 Februari 2023   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengenalan terhadap JFGST kepada Warga Desa Klego (Dokumentasi pribadi)

Pelaksanaan program monodisiplin dari Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP atas nama  Muhammad Wira Yezamukti dari Bahasa dan Kebudayaan Jepang bertajuk "Pengenalan Japanese Food Guide Spinning Top sebagai cara memenuhi kebutuhan gizi kepada masyarakat desa Klego".

Setelah survey dan diskusi dengan perangkat desa sekaligus dengan Dosen pembimbing lapangan, ternyata di desa Klego terdapat 25 anak mengalami stunting. Dari hasil tersebut Mahasiswa KKN Tim 1 Undip berinisiatif untuk melakukan sosialisasi mengenai Japanese Food Guide Spinning Top sebagai cara alternatif bagi masyarakat Klego untuk memenuhi kebutuhan gizi. 

Secara singkat Japanese Food Guide Spinning Top merupakan piramida sederhana untuk menunjukkan cara memenuhi kebutuhan gizi sehari secara seimbang. Jika kebanyakan negara memilih bentuk yang kurang lebih sama untuk piramida makanannya, dimana semakin keatas semakin lancip, maka berbeda dengan Jepang yang memutuskan untuk membuat sesuatu yang anti mainstream. Jepang memilih piramida makanan terbalik seperti gasing yang mereka namakan 'Japanese Food Guide Spinning Top' (JFGST).

Poster JFGST yang dikenalkan Kepada Warga (Dokumentasi pribadi)

Sosialisasi Japanese Food Guide Spinning Top  dilaksanakan pada 25 Januari 2023 dengan melibatkan sekitar 30 Ibu-ibu PKK desa Klego.

Respon yang diberikan Ibu-ibu PKK desa Klego cukup positif. Ibu-ibu PKK sangat antusias dalam menyimak pemaparan materi yang sedang disampaikan. Akhirnya dengan Piramida makanan yang sederhana dan mudah diikuti ini, diharapkan angka stunting yang ada di desa Klego dapat berkurang dan masyarakat bisa menerapkan gaya hidup sehat serta makan makanan yang bergizi seimbang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline