Lihat ke Halaman Asli

KKN KLEGO UNDIP 2023

TIM 1 KKN Undip 2022/2023

WOW!!! Mahasiswa KKN UNDIP Mengentaskan Masalah Limbah Minyak menjadi Sabun Cuci Tangan untuk Ibu-Ibu PKK di Klego

Diperbarui: 7 Februari 2023   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi pembuatan sabun cuci tangan dari limbah minyak oleh Mahasiswa KKN Undip (Dokumen pribadi)

Sekelompok Mahasiswa dan Mahasiswi KKN UNDIP mengadakan edukasi mengenai pembuatan sabun cuci tangan dari minyak jelantah pada kader kesehatan dan ibu-ibu PKK di Desa Klego, Boyolali pada Jumat (27/01/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi pembuangan limbah minyak rumah tangga yang menyebabkan pencemaran lingkungan serta mengurangi persebaran penyakit melalui kontak fisik terutama melalui tangan.

Diketahui dari beberapa perangkat desa serta kader kesehatan, minimnya tempat pembuangan maupun pengolahan minyak jelantah pada lingkungan desa. Maka diperlukan tindakan lebih lanjut mengenai hal tersebut, salah satunya yaitu pengedukasian pembuatan sabun cuci tangan dari minyak jelantah. 

Ibu-ibu PKK dan beberapa kader kesehatan di Desa Klego sangat antusias dengan adanya acara ini. Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN UNDIP menyampaikan materi mengenai dampak dari minyak jelantah terhadap lingkungan maupun kesehatan, tahap pembuatan sabun cuci tangan, serta manfaat dari cuci tangan sendiri. 

Tanggapan dari para hadirin pun cukup positif. Salah satunya yaitu, mereka berharap limbah minyak di desa dapat dikelola dengan baik atau bahkan dapat dijadikan sebagai usaha mandiri dari desa untuk dijual secara lokal dan meningkatkan penghasilan desa..

Pengolahan limbah minyak sangat diperlukan di Desa Klego (Dokumentasi pribadi)

Para hadirin pun berharap agar kegiatan edukasi cara pembuatan sabun cuci tangan dari minyak jelantah dapat menjadi solusi dalam mengatasi pencemaran lingkungan maupun beberapa penyakit menular yang terjadi di Desa Klego, Boyolali. Dengan begitu, mereka tidak perlu khawatir mengenai kesehatan buah hati maupun keluarga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline