Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UM Mengadakan Program Kerja "Pengembangan Web Desa"

Diperbarui: 24 Juli 2021   01:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kidangbang, Wajak- Desa Kidangbang merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa Kidangbang salah satu desa berprestasi karena telah beberapa kali meraih prestasi sebagai desa teladan se-kecamatan dan se-kabupaten. Saat ini, Desa Kidangbang sedang mengikuti lomba desa teladan se-provinsi. Selain merupakan desa yang bmeraih beberapa prestasi, desa Kidangbang juga memiliki beberapa produk unggulan diantaranya produk pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri rumah tangga. Namun, sangat disayangkan adanya prestasi dan potensi-potensi desa tersebut belum begitu dikenal luas oleh warga desa Kidangbang itu sendiri, salah satu faktor utamanya karena belum memiliki media informasi. Dengan adanya hal tersebut, mahasiswa KKN UM 2021 desa Kidangbang, Wajak melaksanakan program kerja "Pengembangan Web Desa", yang di design semenarik mungkin.

Website adalah suatu portal atau situs yang dapat diakses secara online, dibelahan negara manapun, dimana situs tersebut dapat menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, maupun video. Saat ini Desa Kidangbang memiliki website desa yaitu http://desadimalang.umkmjayapunggur.com/ yang berisi berbagai konten informasi maupun berita mengenai Desa Kidangbang.

Program kerja yang dibuat ini, diharapkan bisa digunakan sebagai sarana akuntabilitas dan transparansi publik serta promosi potensi-potensi wisata desa. Melalui website desa diharapkan seluruh kegiatan perencanaan ataupun hasil dari pengelolaan pembangunan desa dapat diakses dan diketahui oleh masyarakat desa. Diharapkan juga website Desa Kidangbang nantinya bisa menjadi media poromosi bagi produk-produk UMKM di Desa Kidangbang sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, dengan adanya website pengenalan desa ini, diharapkan dapat terus berkembang dan terus update sesuai dengan hal-hal yang terjadi dalam desa Kidangbang itu sendiri. Berbagai informasi menarik sudah dapat diakses melalui link yang sudah disediakan. Konten yang ada di dalamnya meliputi profil, program, media informasi dan hal lain yang berhubungan dengan Desa Kidangbang.

Tujuan pembuatan website desa tidak lain untuk mempublikasikan keberadaan desa ke dunia luar, sehingga mudah untuk diketahui banyak orang, menginformasikan profil dan potensi desa, mempermudah masyarakat luas untuk memperoleh informasi mengenai desa sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, menjadi wadah dokumentasi segala kegiatan yang dilakukan masyarakat desa dengan mengunggah foto dan vidio kegiatan, menjadikan media promosi produk UMKM desa, dan menjadikan media pengumuman bagi warga desa, sehingga pengumuman yang berkaitan dengan desa dapat dilihat baik oleh warga desa maupun luar desa. Harapan untuk kedepannya, semoga desa Kidangbang semakin maju, berkembang dan dapat dikenal secara lebih luas lagi dalam segala aspek.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline