Saat ini, negara Indonesia terlebih pada sektor industri sedang memasuki era baru yang dapat dikenal sebagai era Revolusi Industri 4.0 atau yang juga dikenal sebagai era Digital 4.0. Tidak hanya pekerja industri saja yang terkena dampaknya, namun pada umumnya semua orang telah menapaki era baru yang ditandai dengan bergeraknya kehidupan ke arah digitalisasi. Hal ini juga berdampak pada kurang optimalnya pelaku UMKM di Desa Kendal, Gondang, Tulungagung dalam bidang pemasaran produk. Mayoritas pemasaran hasil produk masih menggunakan teknik traditional marketing atau pemasaran tradisional dan belum mengenal pemasaran secara online. Sehingga diperlukan adanya strategi pemasaran berbasis teknologi melalui penggunaan media sosial yang mampu memperluas jangkauan konsumen yang menjadi kekuatan utama dalam mendongkrak penjualan produk-produk UMKM. Pada masa pandemi, segala hal yang berbau online menjadi sebuah tren termasuk pemasaran secara online.
Berangkat dari hal tersebut, untuk memberikan pemahaman, wawasan, dan kemampuan terutama bagi pelaku UMKM di Desa Kendal agar mampu memasarkan produk usaha secara online melalui media sosial, dua mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang tahun 2021 di Desa Kendal, Gondang, Tulungagung yaitu Titis Sutradara Husnaa dan Rina Uswatul Khasanah melaksanakan sebuah program sosialisasi dengan judul "Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Usaha Milik Desa Kendal Kapubaten Tulungagung". Program sosialisasi ini dilaksanakan secara langsung di Balai Desa Kendal pada hari Sabtu, 19 Juni 2021. Adapum program ini mendapat support penuh dari Kepala Desa Kendal, Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Dani Irawan, S.Pd., M.Pd, serta teman-teman dari tim KKN UM desa Kendal
Dalam kegiatan kali ini, peserta program sosialisasi diikuti oleh masyarakat desa Kendal sebanyak 10 orang mengingat masih dalam suasana pandemi. Kegiatan dalam program ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Selain informasi mengenai penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran produk, dalam sosialisasi ini juga diberikan informasi melalui tayangan video mengenai manfaat penggunaan media sosial sebagai pemasaran produk dan etika dalam bermedia sosial. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat bermanfaat dan mampu dipraktikkan oleh pelaku UMKM desa Kendal dikemudian hari.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H