Lihat ke Halaman Asli

Mulia sagesti

Mahasiswa

Mahasiswa KKN 54 Kelompok 90 UIN SAIZU Purwokerto Sukses Melakukan Rebranding UMKM melalui Kemasan dan Promosi S

Diperbarui: 27 Juli 2024   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pucungbedug, Purwanegara, Banjarnegara/dok. ri

BANJARNEGARA-Mahasiswa KKN 54 Kelompok 90 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto berkolaborasi melakukan rebranding dengan UMKM di Desa Pucungbedug, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara. (Jumat 12/7/2024)

Rebranding merupakan upaya yang dilakukan untuk mengubah dan memperbarui pada suatu brand yang telah ada menjadi lebih baik. Rebranding juga dapat dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM).  

Mahasiswa KKN 54 Kelompok 90 UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto sukses membantu dan mendampingi dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal  melalui berbagai inisiatif. Salah satu langkah  nyatanya adalah  membantu Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) dengan mengambil sampel UMKM milik Ibu Nunik yang menekuni dalam bidang kuliner.

Ibu Nunik merupakan pemilik UMKM, yang menekuni dalam bidang kuliner. Sejak wabah covid 19  dengan produk aneka kripik. "Namun, dengan pesaingan yang semakin ketat dan trend pasar yang terus berubah, Ibu Nunik menyadari perlunya melakukan rebranding untuk tetap bersaing dan tetap menarik minat konsumen." Ujar Ibu Nunik

Salah satu upaya yang dilakukan mahasiswa yaitu merebranding kemasan produk dan melakukan promosi digital yang menarik. Mahasiswa KKN Kelompok 90 UIN SAIZU, ikut serta membantu dalam proses rebranding dengan,

Pembuatan Logo UMKM

UMKM yang dijalani oleh Ibu Nunik sebelumnya tidak memiliki logo. Mahasiswa KKN Kelompok 90 UIN SAIZU membantu Ibu Nunik dalam membuat logo sebagai identitas dan ciri khas produk Ibu Nunik.

Rebranding  Label untuk Kemasan Produk 

Sebelumnya usaha aneka kripik milik Ibu Nunik sudah memiliki label yang tertera pada kemasan produk. "Namun, Ibu Nunik tidak lagi menggunakan label pada kemasan karena label terlalu sederhana dan kurang menarik perhatian konsumen sehingga tidak  menambah estetika kemasan produk" Ujar Ibu Nunik

Mahasiswa KKN Kelompok 90 UIN SAIZU membantu merebranding label pada kemasan produk aneka keripik Ibu Nunik dengan desain yang menarik dan mempertimbangkan citra brand, daya tarik visual dan informasi yang ada di label kemasan produk dari ibu Nunik.

Inovasi dalam Kemasan Produk

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline