Lihat ke Halaman Asli

KKN Kelompok40

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata - Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keren! Mahasiswa Umsida Bantu Bangun Branding Produk Keripik Pisang Desa Nogosari

Diperbarui: 20 Januari 2023   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ImagFoto Bersama Mahasiswa KKN Kelompok 40 Desa Nogosari dengan Pemilik UMKM Keripik Pisang e caption

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berkiprah nyata dalam menjalankan pengabdian masyarakat. Tidak hanya menerjunkan para dosennya, Umsida juga menerjunkan para mahasiswanya melalui program Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) di berbagai daerah. Kiprah nyata (KKN-P) kelompok 40 di desa Nogosari ini dibuktikan dengan penyuluhan dan sosialisasi labelling kemasan produk keripik pisang bertajuk membangun branding Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Nogosari khususnya keripik pisang.

Kegiatan KKN-P yang diketuai oleh Fairus Luqmandaru Hikmantara, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK). Adapun anggotanya adalah 22 anggota dari berbagai macam Prodi di Umsida.

"Pada kegiatan di hari ketiga KKN-P kami anggota kelompok 40 melakukan sosialisasi bagaimana membangun branding produk keripik pisang ini dengan melakukan labelling pada kemasan produk keripik pisang," ujar Fairus tim KKN-P, Selasa (20/01/2023). Fairus menambahkan bahwa karyawan dan pemilik usaha sangat antusian dan memiliki respon yang baik dalam kegiatan sosialisasi branding dan labelling produk ini. Besar harapan bahwa UMKM produksi keripik pisang ini dapat terus berkembang dan semakin luas pendistribusiannya.

Berdasarkan informasi dari karyawan dan pemilik UMKM, keripik pisang merupakan produk sampingan di UMKM tersebut, produk utamanya yakni berbagai macam kerupuk seperti kerupuk bawang, kerupuk goreng pasir, kerupuk puli, dan lain - lain. Tetapi pada produk kerupuk UMKM ini mengambil berupa kerupuk setengah jadi dari perusahaan lain dan kemudian hanya menggoreng, membumbui, dan mengemasnya. Berdasarkan hal tersebut tim KKN-P kelompok 40 berinisiatif membangun branding produk keripik pisang di UMKM tersebut dengan melakukan membuat label pada kemasan pada produk tersebut. Dengan hal tersebut diharapkan menjadi salah satu upaya agar meningkatkan penjualan produk keripik pisang di UMKM tersebut dan dapat didistriusikan keluar desa atau bahkan ke luar daerah.

Penulis : Muhammad Dhiya Ulhaq




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline