Lihat ke Halaman Asli

KKN Kelompok 10 UINSU 2024

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa UINSU KKN Kelompok 10 Melakukan Penyuluhan Terkait Moderasi Beragama di SMP Negeri 4 Medang Deras

Diperbarui: 11 Agustus 2024   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama kepala sekolah dan staf SMP Negeri 4 Medang Deras/dokpri

Pada Sabtu, 10 Agustus 2024, Mahasiswa UINSU KKN Kelompok 10 melaksanakan penyuluhan moderasi beragama berbasis pembelajaran akhlak di SMP N 4 Medang Deras didesa Pematang Nibung. Penyuluhan  moderasi beragama  berbasis akhlak ini merupakan bentuk permintaan dari Kepala Sekolah secara langsung, mengingat untuk meningkatkan akhlak siswa sekolah tersebut. Pada dasarnya, kami hanya ingin memaparkan terkait moderasi beragama secara murni saja tetapi karena ada banyaknya kenakalan remaja yang dilakukan oleh siswa SMP N 4 Medang Deras maka dari itu pemaparan materi Moderasi Beragama ini kami berikan penerapan Adab dan Akhlakul Karimah. 

Foto penyampaian materi oleh divsi keagamaan/dokpri

Adapun materi yang kami bawakan adalah penjelasan mengenai defenisi, konsep, prinsip dan juga implementasi dari moderasi beragama itu sendiri terhadap kehidupan siswa-siswi SMP N 4 Medang Deras. seperti, Kata moderasi berasal dari bahasa Latin yaitu modertio, yang artinya adalah kesedangan (tidak kelebihan dan tidak kekurangan). 

Kata tersebut mengandung makna. Beragama adalah memeluk atau menganut suatu agama sedangkan agama itu sendiri mengandung arti, sistem, prinsip kepercayaan kepada Tuhan dengan ajaran kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan itu penguasaan diri dari sikap sangat kelebihan dan sikap kekurangan. 

Moderasi Beragama sendiri penting untuk diketahui lebih dini bagi siswa-siswi SMP N 4 Medang Deras untuk membina akhlak para siswa sesuai dengan visi dan misi dari SMP N 4 Medang Deras yaitu mewujudkan generasi yang berilmu, beriman dan bertaqwa. 

Sesudah pemaparan materi dilakukan kami melakukan konseling terhadap siswa yang bermasalah. Siswa yang dilakukan konseling merupakan siswa yang diduga pernah melakukan kenakalan di dalam lingkungan sekolah. Penyuluhan ini kami harapkan dapat memberikan perubahan pada akhlak siswa-siswi SMP N 4 Medang Deras. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline