Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Negara Republik Indonesia di SDN Balerejo oleh Mahasiswa Kelompok 1 KKN-T UNIPMA 2023

Diperbarui: 15 Februari 2023   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Generasi muda adalah generasi penerus pembangun bangsa atau biasa disebut denga agent of change. Generasi yang cerdas, berani, kritis, peduli , optimis dan tangguh untuk bersaing dengan generasi muda bangsa lain. Hal tersebut akan menjadi titik awal yang baik dalam melanjutkan pembangunan bangsa Indonesia ke depan. Dalam rangka membentuk generasi muda yang berwawasan kebangsaan, serta membangun kepribadian patriotisme dalam jiwa siswa, mahasiswa KKN-T Unipma yang bertempat di SDN Balerejo Desa Kawedanan Kabupaten Magetanmenyelenggarakan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Dok. pribadi

Model sosialisasi ini lebih efektif dan memudahkan siswa dalam menyerap dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bineka Tunggal Ika sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini mahahsiswa KKN-T Unipma berperan aktif memberikan wawasan kebangsaan 4 pilar kebangsaan. Sosialisasi 4 pilar kebangsaan dilaksanakan pada Jumat, 10 Februari 2023 pukul 07.00-11.00 yang bertempat di Sd Balerejo Kawedanan Magetan. 

Kegiatan ini deiselingi dengn penayangan film bertema kebangsaan yang berdurasi satu jam. Pemapamaran materi tersebut disampaikan oleh mahasiswa KKN-T Unipma. Siswa sangat antusias, senang, dan semangat dalam mengikuti sosialisasi 4 pilar kebangsaan.  Kegiatan ini juga sangat didukung oleh Bapak Reza Kusuma S, S.Pd,M.Pd. selaku dosen pembimbing dari KKN-T Kelompok 1 UNIPMA. Dukungan dan apresiasi juga datang dari pihak sekolah Sd Balerejo Kawedanan

Dok. pribadi

Maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan informasi dan bekal pengetahuan kepada siswa Sdn Balerejo Kawedanan Magetan berkaitan dengan Wawasan Kebangsaan dan cinta tanah air. menumbuhkan rasa cinta tanah air sangat diperlukan bagi para siswa karena akan berpengaruh pada cara berfikir, bersikap, dan berbuat untuk menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Salah satu contohnya bagi siswa itu sendiri dengan keikutsertaan upacara bendera setiap hari Senin, menyanyikan lagu kebangsaan dan membaca teks Pancasila secara bersama merupakan upaya menumbuhkan rasa kecintaannya kepada bangsa Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline