Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tematik UPI Ikut Berpartisipasi dalam Program Posyandu Remaja di Desa Kebarepan

Diperbarui: 9 September 2023   17:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi 1

Kebarepan, 19 Agustus 2023 -- Dalam upaya mengatasi kian maraknya perilaku seks bebas remaja di Indonesia, mahasiswa KKN Tematik dari Universitas Pendidikan Indonesia ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan salah satu program desa yaitu Posyandu  Remaja. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau kesehatan serta mengedukasi remaja Desa Kebarepan mengenai bahayanya menikah dini, pergaulan bebas, serta menghindari diri dari HIV.

Menurut penelitian menyimpulkan bahwa kaum remaja di Indonesia mempunyai gaya hidup cenderung mengacu pada perilaku seks bebas (seks pranikah). Berikut ini penelitian-penelitian yang pernah dilakukan pada remaja, pertama, Penelitian Yayasan Kusuma Buana (1993) di 12 kota besar menunjukkan bahwa 10 % remaja putri dan 31 % remaja putra mengaku pernah melakukan hubungan seks pra nikah. Kedua, Pangkahila (1996) melaporkan hasil penelitiannya bahwa 18 % remaja putri dan 27 % remaja putra di Bali mengaku sudah tidak perawan lagi.

Dari fenomena yang terjadi saat ini, maka pemda Kabupaten Cirebon khususnya Desa Kebarepan membuat program Posyandu Remaja yang didalamnya meliputi Sex Education untuk menambah wawasan remaja Desa Kebarepan tentang edukasi seks dengan tepat dan kemungkinan dampak yang akan terjadi apabila melakukan seks bebas. Kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan tekanan darah, berat badan, tinggi badan serta tes darah. Dilanjutkan dengan penyuluhan dari pemateri luar mengenai bahayanya menikah dini, pergaulan bebas, berhubungan badan diluar nikah serta menjauhkan diri dari HIV/AIDS.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline