Lihat ke Halaman Asli

KKN KEBANGSAAN XI SEBENTE 2023

KABUPATEN BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT

Mahasiswa IPB University Menjadi Konseptor Video Terbaik 1 KKN Kebangsaan 2023

Diperbarui: 25 Agustus 2023   02:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses editing video (kiri) & Penampilan Video Terbaik 1 KKN Kebangsaan 2023 (kanan)/Dokumentasi pribadi

Program KKN Kebangsaan 2023 resmi ditutup pada Minggu (20/8). Acara ditutup oleh Sekretaris Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi Kalbar di Universitas Tanjungpura, Pontianak. Dalam acara tersebut, apresiasi diberikan kepada 10 peserta dengan nilai ujian pembekalan terbaik dan 10 kelompok dengan video KKN Kebangsaan.

Kelompok 16 KKN Kebangsaan Bengkayang yang mengabdi di Desa Sebente, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang meraih Juara 1 Video Terbaik KKN Kebangsaan 2023 dari total 98 kelompok.

Dibalik pencapaian tersebut, ternyata ada proses yang cukup panjang dalam menyusun konsep video, pengambilan video, penyuntingan video, hingga akhirnya video dapat diputar dan dinikmati. Lalu siapakah sosok konseptor dan editor dibalik Video Terbaik 1 KKN Kebangsaan 2023?

"Pada dasarnya, ini menjadi karya kelompok 16 KKN Kebangsaan Bengkayang, bukan karya saya pribadi. Namun kebetulan saya yang menyusun konsep video mulai dari script video, urutan video, transisi video, hingga proses voice over dan editing video", ucap Hafiza Rizki Nurbaiti, anggota Kelompok 16 yang berasal dari Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, IPB University.

Hafiza Rizki Nurbaiti, Mahasiswa IPB University/Dokumentasi pribadi

Hafiza aktif dalam akun media sosial Instagramnya dengan nama akun @hafiza.rizki dan disebut sudah biasa membuat konten-konten video kreatif. Dalam membuat video KKN Kebangsaan untuk kelompoknya, Hafiza dibantu oleh Anggraini, rekan kelompoknya dari Universitas Tanjungpura. Selain itu, pengambilan footage video selama KKN berlangsung juga dibantu oleh rekan-rekan kelompok yang lainnya.

"Tips-nya adalah ikuti ketentuan dan arahan dari panitia. Sebelum berangkat ke desa, panitia menekankan bahwa video harus mengandung perbandingan kondisi desa saat awal kedatangan dan setelah adanya mahasiswa KKN Kebangsaan, jadi kami fokus di poin tersebut," ucapnya.

Suara pembaca naskah yang ada di dalam video terbaik 1 KKN Kebangsaan 2023 juga merupakan suara Hafiza dan rekannya, Ilham Permana Putra dari Universitas Riau.

"Tips untuk script atau naskah yang dibawakan yaitu gunakan kalimat yang membanggakan, seperti 'kami berhasil' dan 'kami sukses'," tambahnya.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline