Lihat ke Halaman Asli

KKN Kebangsaan Desa Labuan

KKN Kebangsaan XII

KKN Kebangsaan Hadirkan Kelas Pintar sebagai Upaya dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pembelajaran di Desa Labuan

Diperbarui: 8 Agustus 2024   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Maluku, 30 Juli 2024, Sebagai bentuk kepedulian terhadap kualitas pendidikan dan pembelajaran, Kelompok KKN Kebangsaan Desa Labuan menghadirkan program kerja berupa Kelas Pintar. Tujuan dari Kelas Pintar adalah untuk membantu anak-anak Desa Labuan yang mengalami kesulitan belajar. Kelas Pintar ini pertama kali dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2024 dan nantinya akan dijadwalkan secara rutin setiap hari Rabu dan Jumat. Dengan demikian, Kelas Pintar akan rutin dilaksanakan 2 kali seminggu sampai dengan penarikan mahasiswa dari lokasi KKN.

Kelas Pintar difokuskan untuk jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Setiap kelas akan diampu oleh setidaknya 2 orang mahasiswa yang bertanggung jawab sebagai penanggung jawab (PJ). Program Kelas Pintar sendiri selalu rutin diadakan di sore hari sejak pukul 16.00 hingga 17.00 WIT dan berlokasi di posko KKN Kebangsaan Desa Labuan. Selain belajar di posko, terkadang mahasiswa juga mengajak anak-anak untuk belajar di ruang terbuka seperti di gazebo pantai.

Selama pelaksanaan program Kelas Pintar, mahasiswa menemukan beberapa persoalan yang umumnya dialami oleh anak-anak Desa Labuan. Persoalan tersebut umumnya berkaitan dengan kesulitan membaca, menghitung, dan menulis. Oleh karena itu, mahasiswa berusaha memfokuskan kegiatan Kelas Pintar pada ketiga aspek tersebut. Meskipun demikian, mahasiswa juga memberikan materi tambahan seperti kelas bahasa Inggris atau membantu anak-anak untuk mengerjakan PR.

Dengan hadirnya program Kelas Pintar, mahasiswa berharap dapat membantu persoalan belajar yang dialami oleh anak-anak Desa Labuan. Program ini juga bisa menjadi ajang bagi mahasiswa untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, terutama anak-anak. Mahasiswa juga berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran pada Kelas Pintar sehingga program kerja ini dapat benar-benar memberikan kontribusi nyata peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran di Desa Labuan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline