Lihat ke Halaman Asli

KKN 173 Desa Bedadung Jember 2023 : Penyuluhan dan Pengaplikasian Biopori

Diperbarui: 23 Agustus 2023   00:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Jember, 20 Agustus 2023, Mahasiswa KKN kolaboratif 173 di Desa Bedadung membuat sebuah inovasi terkait pengolahan sampah organik berupa metode Biopori. Biopori sendiri merupakan metode resapan air yang ditunjukan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resapair pada tanah. Selain itu, Biopori juga digunakan untuk pengolahan sampah organik dengan cara membuat lubang dimana nantinya lubang ini berfungsi untuk menampung sampah organik dan jalan masuk fauna didalam tanah yang membantu penguraian sampah organik menjadi kompos yang dapaT digunakan sebagai pupuk.

Sumber : Dokumentasi Pribadi 

Mahasiswa KKN Kolaboratif 173 melakukan penyuluhan mengenai Biopori  ke tiga dusun yang berada di desa Bedadung. Adapun tujuan dilakukannya penyuluhan ini agar masyarakat dapat membuat pupuk kompos sendiri serta dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam hal kebersihan. Pertama, mahasiswa melakukan penyuluhan ke dusun Gumuk Suda dimana masyarakat cukup antusias dalam mengikuti penyuluhan dan dibuktikan dengan masyarakat yang aktif bertanya mengenai Biopori tersebut. 

Kedua kami melakukan penyuluhan ke Dusun Krajan Lama, dengan dibantu oleh Kepala Dusun.  Penyuluhan tidak jauh beda dengan didusun sebelumnya dan acara sukses terlaksana. Terakhir yaitu di Dusun Krajan Baru, tidak kalah antusiasnya dengan kedua dusun sebelumnya, di dusun Krajan Baru beberapa masyarakat nya tertarik untuk membuat Biopori nya sendiri di halaman rumah nya.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Dengan berjalannya Program Kerja Biopori ini masyarakat Desa Bedadung dapa tmembuat Bioporinya dirumah masing-masing agar dapat  mengurangi sampah organik yang menumpuk. Dikarenakan sampah yang berada di Desa Bedadung tidak ada yang mengolah sehingga menumpuk di tempat sampah yang sudah disediakan oleh Kepala Desa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline