Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaborasi 173 Bedadung, Jember 2023: Penyuluhan Terkait KKL di SD Bedadung 01

Diperbarui: 4 Agustus 2023   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumen Pribadi

Mahasiswa KKN Kelompok 173 melakukan penyuluhan terkait topik KKL (Kebersihan, Kreatifitas dan Lingkungan). Acara ini dilaksanakan pada hari selasa, (01/08/2023), dengan mengikutsertakan seluruh siswa SD Bedadung 01. Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa siswi agar meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kebersihan diri, meningkatkan kreatifitas dan menjaga lingkungan agar bersih.

Sumber : Dokumen Pribadi

 Kegiatan ini dilakukan dengan pembagian materi sesuai dengan tingkatan kelasnya diantaranya kelas 1-2 diberikan materi mengenai tata cara mencuci tangan yang benar. Selanjutnya, mahasiswa KKN beralih pada siswa kelas 3-4 dengan memberikan pelatihan kreatifitas berupa Ecoprint. Ecoprint merupakan sebuah metode mencetak pada kain menggunakan bahan alam seperti daun dari tumbuhan. 

Aktifitas tersebut berguna agar siswa SD Bedadung 01 memanfaatkan bahan alam sebagai bentuk meningkatkan kreatifitas diri dan memanfaatkannya agar menjadi nilai tambah. 

Selanjutnya, pada kelas 5-6 diberikan materi pembenihan sederhana menggunakan media kapas dan barang bekas seperti gelas air mineral. Pelatihan pembenihan ini berupa pemberian biji kacang hijau agar mahasiswa mengetahui proses tumbuh kembang  biji kacang hijau hingga memunculkan tunas pohon. Aktifitas penyuluhan KKL ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada SD Bedadung 01 dan mahasiswa KKN di Desa Bedadung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline