Lihat ke Halaman Asli

Kemeriahan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Kelurahan Banjarsengon

Diperbarui: 24 Agustus 2023   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

17 Agustus merupakan tanggal yang bersejarah bagi bangsa Indonesia pasalnya di tanggal inilah bangsa Indonesia meraih kemerdekaan setelah bertahun - tahun dijajah. Sebagai bentuk penghormatan untuk mengenang jasa - jasa para pahlawan biasanya perayaan kemerdekaan Indonesia ini identik dengan upacara bendera termasuk di kelurahan Banjarsengon.

Tidak hanya itu perayaan kemerdekaan Republik Indonesia juga bisa menjadi momentum untuk menjalin tali silaturahmi dengan sesama warga. Hal ini juga dapat menjadi peluang bagi mahasiswa KKN untuk mempererat hubungan dengan warga desa.

Beranggotakan 14 orang yang terdiri dari berbagai Universitas di Jawa Timur yaitu Universitas Jember, Universitas Islam Jember, Universitas dr.Soebandi, Universitas moch.Sroedji, dan Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur. Adelia Nur Isna Kartikasari, ST.,MT sebagai dosen pembimbing lapangan KKN kolaboratif kelompok 245 yang bertempat di Kelurahan Banjarsengon, Kecamatan Patrang.

Adapun kegiatan lain yang dilakukan di Kelurahan Banjarsengon yakni lomba yang bisa diikuti oleh warga desa. Beragam lomba yang dilaksanakan di Kelurahan Banjarsengon diantaranya adalah lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng dengan mulut dan masih banyak lagi. Perlombaan ini dilaksanakan sejak akhir bulan Juli sampai dengan bulan Agustus dan diakhir dengan pentas seni dimana mahasiswa KKN kolaboratif kelompok 245 dapat berpartisipasi dalam memeriahkan acara pentas seni.

Pentas seni yang digelar pada tanggal 19 Agustus menampilkan beberapa pertunjukkan yang dimeriahkan warga sekitar itu sendiri. Mahasiswa KKN kolaboratif kelompok 245 berkesempatan menampilkan seni paduan suara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Indonesia Pusaka, dan Maju Tak Gentar. Acara pensi yang dihadiri oleh bapak lurah Banjarsengon berjalan dengan lancar sampai akhir acara.

Pembelajaran yang dapat diambil oleh mahasiswa KKN kolaboratif kelompok 245 adalah tentang bagaimana manjalin hubungan erat antar mahasiswa dan masyarakat sekitar. Selain itu, mahasiswa juga bisa belajar cara mempersatukan masyarakat berbeda generasi demi menyambut kebersamaan di hari kemerdekaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline