Lihat ke Halaman Asli

Adaptif Teknologi: KKN UM Surabaya Terapkan Game Edukasi Ular Tangga dan Literasi Digital di Sekolah

Diperbarui: 30 Agustus 2023   09:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bertempat di Desa Karangsemanding, Kecamatan Balongpanggang- Gresik, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan kegiatan wajib sebagai salah satu syarat akademis yakni Kuliah Kerja Nyata. Salah satu program kerja Mahasiswa KKN Kelompok 23 UMSurabaya adalah melaksanakan kegiatan belajar mengajar di salah satu Sekolah Dasar yang ada di Desa Karangsemanding yaitu di SD Muhammadiyah 2 Karangsemanding. Program kerja ini melibatkan seluruh siswa-siswi kelas 4, 5 dan 6 SD Muhammadiyah 2 Karangsemanding.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Karangsemanding Bapak Edy Sucipto, S.Pd. menuturkan apresiasi terhadap kegiatan pembelajaran edukatif oleh teman- teman KKN. "Kami dari keluarga besar SD Muhammadiyah 2 sangat senang kurang lebih 2 minggu ini anak- anak kami diberikan nuansa baru dalam pembelajaran yang menyenangkan akan tetapi tetap bernilai, terlebih dengan program digitalisasi pembelajaran yang diterapkan pada anak- anak kami". Ujar Pak Edy

"Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN menggunakkan 2 metode yaitu, pembelajaran menggunakan metode permainan edukasi ular tangga, dan pembelajaran dengan metode literasi digital menggunakan platform Quizizz. Sedangkan output nya yakni dengan perlombaan puisi berantai untuk mengasah kreatifitas dan kepercayaan diri para siswa." Ujar Muhammad Zibbat selaku ketua pelaksana kegiatan dari Mahasiswa KKN.

Pada pembelajaran metode permaianan ular tangga, mahasiswa mengajak siswa dan siswi untuk belajar sambil bermain dengan alat permaian ular tangga, dipapan permainan terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa -- siswi. Mahasiswa memilih metode pembelajaran ini karena permainan ular tangga sangat populer dikalangan anak-anak. Selain itu, permainan ular tangga memiliki berbagai tantangan untuk mencapai puncak atau garis finish dan memiliki rasa penasaran tersendiri terhadap peruntungan saat melempar dadu.

Pada pembelajaran metode literasi digital menggunakan platform quizizz, siswa-siswi diminta untuk membawa handphone, di era serba digital seperti sekarang adaptif terhadap teknologi perlu di lakukan termasuk pada aspek Pendidikan. Dalam pembelajaran digital ini kami, memiliki akses terhadap berbagai metode pembelajaran, salah satunya adalah kuis interaktif (Platform Quizizz). Dengan cara ini kami dapat menyajikan materi dengan lebih menarik dan bervariasi sehingga dapat membantu meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

Output pada kegiatan belajar mengajar ini yaitu mahasiswa mengadakan lomba puisi berantai. Pada siswa-siswi diharap memilih tema sesuai dengan apa yang mereka mau dengan di dampingi mahasiswa, kegiatan ini bertujuan untuk bisa melatih kepercayaan diri para siswa, dan mengembangkan potensi dan bakat para siswa di SD Muhammadiyah 2 Desa Karangsemanding.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline