Lihat ke Halaman Asli

kknk244jumerto

KKN Kolaborasi Kelurahan Jumetro Kecamatan Patrang

Mahasiswa KKN-K 244 Gandeng Perpustakaan Daerah dalam Melaksanakan Kegiatan Peresmian Pojok Baca

Diperbarui: 14 Agustus 2023   08:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Penyuluhan "Peningkatan Minat Baca Kepada Siswa-siswi" di SDN Jumerto 01, Kelurahan Jumerto, Kab, Jember. (Dokpri)

Rabu & Kamis, 9-10 Agustus 2023 - Mahasiswa KKN Kolaborasi 244 Kelurahan Jumerto gelar kegiatan membaca bersama siswa-siswi SDN Jumerto 01. Kegiatan ini merupakan program kerja unggulan dari kelompok KKN Kolaborasi 244 itu sendiri. Sebagai salah satu program kerja unggulan, "Jumerto Reading Day" dengan mengusung tema Gerakan Literasi Bersama Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Pada Anak. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari berturut turut dengan serangkaian acara pada hari pertama berupa penyuluhan tentang peningkatan minat baca kepada para siswa-siswi yang bertempat di SDN Jumerto 01 dan di hari kedua berlanjut kegiatan peresmian pojok baca sekaligus kegiatan membaca bersama dengan mendatangkan perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember.
Program kerja literasi bersama oleh KKN Kolaborasi 244 Jumerto ini berangkat dari keresahan para anggota KKN-K 244 akan minimnya minat baca pada anak secara keseluruhan. Padahal sebagaimana yang kita tahu, bahwa anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki SDM unggul. Gerakan literasi bersama diharapkan dapat menjadi suatu batu loncatan pada adik-adik siswa-siswi sekaligus sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran diri pada warga sekitar khususnya adik adik siswa-siswi akan pentingnya membaca sehingga kelak akan terbentuk kebiasaan membaca dan kebiasaan membaca ini nantinya akan menjadi budaya yang mengakar pada masyarakat Kelurahan Jumerto itu sendiri.
Serangkaian acara Jumerto Reading Day ini diawali dengan Penyuluhan terkait pentingnya membaca. Acara berlangsung meriah dan kondusif. Adik adik siswa-siswi pun komunikatif selama penyuluhan berlangsung. Penyuluhan pada hari pertama ini diawali dengan fun games yang bertujuan untuk meningkatkan semangat para siswa/i lalu dilanjut dengan menyanyikan lagu 17 Agustus 1945 dan dilanjut pada acara puncak yaitu penyampaian materi yang disampaikan langsung dari anggota KKN-K 244 Jumerto terkait penyuluhan tentang pentingnya membaca pada anak.

Gambar 2. Foto Bersama Lurah Jumerto setelah Pengesahan Ruang Pojok Baca di Kantor Kelurahan Jumerto, Kabupaten Jember. (Dokpri)

Kemudian pada hari kedua yang bertempat di Kelurahan Jumerto, Menyelenggarakan kolaborasi antara Kelompok KKN-K 244 Kelurahan Jumerto dengan Perpustakaan Daerah yang merupakan acara puncak dengan diadakannya lomba mewarnai dan story telling bagi siswa-siswi SDN Jumerto 01. Kegiatan pada hari kedua, diawali dengan perkenalan singkat dan fun games yang bertujuan agar siswa-siswi lebih semangat dan gembira dalam berkegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan 17 Agustus. Berikutnya lomba dimulai, Sehingga adik-adik yang  mengikuti lomba sangat antusias sekali. Disisi lain, Siswa-siswi yang tidak mengikuti lomba juga sangat antusias dalam menyambut dan membaca buku yang tersedia pada perpustakaan keliling yang didatangkan khusus guna meramaikan acara peresmian pojok baca di Kelurahan Jumerto. Acara selanjutnya yaitu pengumuman pemenang lomba yang berlangsung meriah dan dilanjutkan oleh acara puncak yaitu peresmian pojok baca yang disaksikan langsung oleh adik-adik, bapak ibu guru, staf kelurahan, pengurus perpusda dan seluruh anggota KKN-K 244 Jumerto. Dengan diresmikannya pojok baca di Kelurahan Jumerto, seluruh anggota kelompok KKN-K 244 berharap semoga fasilitas pojok baca dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh masyarakat utamanya pada anak-anak sehingga terbentuk masyarakat yang sadar tentang budaya membaca.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline