Lihat ke Halaman Asli

Senam Sehat dan Lomba Mewarnai Anak Sebagai Upaya Pencegahan Stunting: KKN Kolaborasi 050 Desa Silo

Diperbarui: 6 Agustus 2023   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada minggu ketiga masa dari KKN kolaborasi tepatnya pada hari Jumat, 4 Agustus 2023, kelompok KKN kolaborasi 050 kembali mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan program kerja utama bertemakan stunting yang mana dilaksanakan di TK PGRI Tunas Bangsa 02 Silo. Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan senam sehat bersama dan dilanjutkan dengan lomba mewarnai oleh anak-anak TK yang diadakan sepanjang jam sekolah. Antusiasme dari siswa TK, para guru, dan para orang tua yang turut serta memeriahkan berlangsungnya acara yang diadakan. Sebelum pengadaan kegiatan lomba mewarnai tersebut, Kelompok KKN Kolaborasi 050 sempat melakukan observasi terlebih dahulu dengan cara ikut serta dalam kegiatan belajar mengajar bersama anak-anak TK PGRI Tunas Bangsa 02 Silo.

Kelompok KKN Kolaborasi 050 memulai kegiatan pendampingan siswa TK dengan mengikuti kegiatan belajar secara penuh dalam 1 hari. Kegiatan observasi dilaksanakan pada hari Selasa, 01 Agustus 2023, dengan mengamati bagaimana proses belajar dan mengajar yang berlangsung di tiap kelas. Kegiatan observasi ini dilakukan dalam upaya mengenal karakter belajar dari tiap siswa di dalam kelas. Tujuan lainnya diadakan kegiatan tersebut agar Kelompok KKN Kolaborasi 050 bisa merumuskan program pendampingan yang tepat bagi siswa TK, sesuai dengan tema utama pogram kerja kelompok mengenai stunting. Pelaksanaan observasi yang dilakukan dibagi menjadi dua tim yang disesuaikan dengan jumlah kelas yang ada yaitu kelas TK A dan Kelas TK B.  

Kemudian pada hari berikutnya, Rabu, 02 Agustus 2023 kelompok KKN Kolaborasi 050 juga memulai kegiatan dengan menjalankan program mengajar kelas secara penuh. Program mengajar tersebut dilakukan oleh anggota tim yang sudah dibagi sebelumnya. Pengajaran berlangsung pada dua kelas yang berbeda dengan format pembelajaran yang menyesuaikan dengan tingkat kelas siswa TK tersebut. Pengajaran dilakukan secara penuh oleh tim pengajar mahasiswa yang mengajar secara penuh dan aktif selama jam pelajaran siswa. Para siswa turut menyambut baik program pengajaran bersama tim KKN mahasiswa.

Puncak pelaksanaan program kerja Kelompok KKN Kolaborasi 050 dilakukan dengan mengadakan kegiatan senam sehat dan lomba mewarnai di TK PGRI Tunas Bangsa 02. Kegiatan dimulai dengan senam pagi yang diikuti oleh para siswa TK dengan tujuan untuk mengenalkan kegiatan olahraga yang menyehatkan dan menyenangkan bagi anak-anak. Kemudian acara diteruskan dengan siswa memasuki ruangan aula TK yang telah disediakan untuk memulai lomba mewarnai dengan tema gambar makanan bergizi buah-buahan. Para siswa mengkuti serangkaian acara dengan aktif dan ceria hingga akhir acara.

whatsapp-image-2023-08-06-at-19-20-14-64cf950c633ebc6661186c94.jpeg

Pengadaan program pendampingan dan pengajaran siswa TK ini berfokus pada tujuan utama dari program kerja Kelompok KKN Kolaborasi 050 terkait stunting di Desa Silo. Masalah terkait stunting ini menjadi momok penting bagi kelompok KKN untuk bisa berkontribusi dalam proses pencegahan stunting sejak dini khususnya di Desa Silo. Pengenalan tema olahraga dan makanan bergizi pada anak-anak dinilai mampu menjadi fokus penting dalam program kerja kelompok KKN kali ini. Olahraga dan makanan bergizi menyokong penting pertumbuhan tubuh sehingga akan mampu meningkatkan kualitas dari setiap sumber daya manusia yang menjadi generasi penerus bangsa, khususnya di Desa Silo.

Program kerja pencegahan stunting ini akan terus berkesinambungan pada kegiatan-kegiatan selanjutnya di lain waktu. Kegiatan-kegiatan menarik lainnya juga akan dilaksanakan untuk terus mendorong turunnya potensi angka stunting di Desa Silo, Jember.

Universitas Jember

Universitas Muhammadiyah Jember

Universitas Islam Jember




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline