Lihat ke Halaman Asli

KKNK 191JEMBER

Mahasiswa KKN Kolaboratif 191 Jember

KKN Kolaboratif 191: Menumbuhkan Rasa Optimis dari Bangsa yang Dinamis, Bersinergi, Tegas, dan Lugas Bersama Masyarakat Sumbersalak, Ledokombo, Jember

Diperbarui: 24 Agustus 2022   15:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Mahasiswa KKN Kolaboratif 191 (dokumen pribadi)

Jember- Indonesia merupakan negara yang berhasil bangkit melawan penjajah demi mendapatkan kemerdekaannya sendiri, sehingga bangsa Indonesia dapat menjalankan pemerintahan dan kedaulatan wilayahnya tanpa campur tangan dari pihak lain. Mengutip sejarah, Indonesia dapat merdeka setelah dijajah oleh 6 negara yaitu Portugis (1509-1595), Spanyol (1521-1692), Belanda (1602-1942), Prancis (1806-1811), Inggris (1811-1816), dan Jepang (1942-1945), tujuan mereka menjajah Indonesia hampir sama yaitu ingin menguasai kekayaan alam Indonesia. Pada  tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyatakan menyerah terhadap sekutu yang menandakan berakhirnya penjajahan oleh Jepang. Setelah itu, pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Foto Mahasiswa KKN bersama Forum Remaja Karang Anyar (dokumen pribadi)

Tahun ini Indonesia berulang tahun ke 77, perayaan perdana kemerdekaan yang dilakukan secara besar-besaran dan tatap muka setelah wabah Covid-19. Dalam acara ulang tahun ke 77 ini  logo HUT RI tak hanya sebatas tumpukan angka namun memiliki makna di setiap bentuk dan polanya, logo Hari Kemerdekaan RI ke-77 ini mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. Sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

Foto pelaksanaan lomba (dokumen pribadi)

Mahasiswa KKN Kolaboratif 191 Jember yang di tempatkan di Desa Sumbersalak turut ikut andil untuk menjadi panitia dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh warga setempat guna memeriahkan hari kemerdekaan. Kemeriahan dilengkapi dengan banyaknya perlombaan yang diluncurkan oleh panitia seperti tarik tambang untuk ibu-ibu, estafet sarung, estafet tepung, balon goyang, estafet air, pukul air, dan beberapa perlombaan lainnya. Partisipasi masyarakat yang sangat antusias menambah keseruan kegiatan "Semarak Lomba 17 Agustus 2022" yang bertepatan di Dusun Karang Anyar, Desa Sumbersalak ini.

Perlombaan yang diselenggarakan bukan hanya keseruan fisik saja, namun dengan adanya lomba perseorangan dan tim dapat meningkatkan rasa optimis terutama generasi muda di daerah Dusun Karang Anyar. Jika menilik lebih dalam lagi event ini juga menjadi ajang pendekatan sosial antara mahasiswa KKN Kolaboratif 191 Jember dengan masyarakat dan juga forum remaja desa, harapannya terjalin relasi sosial yang sehat.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline