Lihat ke Halaman Asli

KKN Jatirejoyoso2023

Mahasiswa Angkatan 2019, Universitas Negeri Malang

Kegiatan Vaksinasi HPV MI NU Sunan Giri di Desa Jatirejoyoso Kabupaten Malang Sebagai Upaya Pencegahan Kanker Serviks

Diperbarui: 12 Maret 2023   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Vaksinasi HPV MI NU Sunan Giri Jatirejoyoso/Dokpri

Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan data yang dilansir Global Burden Of Cancer Study (Globocan) tahun 2020, Indonesia mencapai 396.614 kasus kanker dengan total kematian 234.511 kasus. Hal ini menjadikan Indonesia berada pada peringkat ke-23 dengan kasus kanker tertinggi di Asia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melansir bahwa kanker serviks memiliki kasus terbanyak dengan prevalensi peningkatan 1,4% hingga 1,79% per 1000 penduduk setiap tahunnya. Hal ini didukung sebanyak 36.633 kasus atau 9,2% dari total kasus kanker yang ada di Indonesia. 

Kanker serviks merupakan kanker yang terjadi akibat timbulnya sel-sel abnormal pada leher rahim. Munculnya kanker serviks salah satunya dipicu oleh Human Papillovirus atau HPV. Human Papillovirus atau HPV merupakan virus menular yang muncul akibat aktivitas seksual. Umumnya seseorang yang terinfeksi HPV akan sembuh sendiri dalam kurun waktu dua tahun tanpa gejala dan masalah kesehatan yang berkepanjangan. Meskipun tanpa gejala, HPV sendiri perlu di waspadai sebab virus ini dapat menimbulkan gejala serius seperti kutil kelamin yang berujung pada kanker, salah satunya kanker serviks.

Salah satu upaya untuk mencegah munculnya HPV, pemerintah menggalakkan kegiatan vaksinasi kepada anak usia 9-14 tahun. Instansi pendidikan Indonesia pun turut menyukseskan program vaksinasi, salah satunya MI NU Sunan Giri yang terletak di Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Program vaksinasi ini dilaksanakan pada hari Jumat, 24 Februari 2023 dengan sasaran siswi kelas lima. Pelaksanaan vaksinasi ini tentu dengan bantuan dari mahasiswa pengabdian masyarakat dengan program bertajuk Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Universitas Negeri Malang Periode 2022/2023 yang berlangsung dari tanggal 20 Februari 2023 hingga 5 April 2023. Pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan lancar dan seluruh warga sekolah merasa senang dengan diadakannya program vaksinasi HPV sebagai langkah awal pencegahan tertularnya HPV di kemudian hari.

Harapan pihak sekolah dengan dilaksanakannya vaksinasi HPV pada siswi MI NU Sunan Giri, Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang sebagai langkah awal pencegahan penularan HPV yang memicu kanker serviks kepada seluruh wanita di muka bumi ini. Sekolah juga turut mengedukasi bahayanya pergaulan bebas dan penguatan moral kepada setiap siswa siswinya agar senantiasa menjaga diri dari aktivitas seksual di luar ikatan pernikahan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline