Lihat ke Halaman Asli

Abimana Parameswara

KKN T Malang 2 Ikom Unesa

Menilik Potensi UMKM Melalui Kelas Digital Marketing

Diperbarui: 28 Mei 2022   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Abimana Parameswara - Kelompok  KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Prodi Ilmu Komunikasi, Abimana Parameswara bekerja sama dengan Adimayapada dalam kegiatan pengoptimalisasian sosial media sebagai wadah membangun branding produk UMKM melalui kelas media sosial yang mengangkat tema "Mengembangkan Perluasan Pasar UMKM melalui Digital Marketing". 

Kegiatan yang melibatkan warga terutama bagi pelaku UMKM Desa Purwodadi ini berlangsung di Balai Desa Purwodadi, Rabu 25 Mei 2022.

Kegiatan ini merupakan output lanjutan setelah KKN-T Ilmu Komunikasi  menggelar Kelas Dasar Bisnis dengan menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang pada 19 Mei sebelumnya.

Kegiatan yang dihadiri para pelaku usaha yang tergabung dalam KUBE (Kelompok Usaha Bersama) ini bertujuan guna memandu para pelaku UMKM dalam mengembangkan produk usaha mereka melalui market digital.

Diskusi tentang pengembangan bisnis kedepannya. Dokpri

Materi tentang sosial media sebagai wadah untuk memasarkan produk UMKM, dibawakan oleh dua content creator yakni Renvilia Alungga  dan Nur Fadhila mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya.

Para pelaku UMKM yang hadir sangat antusias menyimak materi. Kegiatan yang dilanjutkan dengan membuat akun instagram ini dipandu oleh LO dari peserta KKN-T Ilmu Komunikasi. 

Tahap demi tahap dilakukan diantaranya dari membuat email usaha, merubah instagram ke akun bisnis agar memudahkan produk tertuju sesuai dengan pasarnya, mengisi data-data  terkait usaha dan lain-lainnya dilakukan pada saat itu juga. 

Pengagendaan kelas berikutnya yakni monitoring lanjutan yang membahas terkait desain produk dan praktik langsung pemasaran pada digital marketing yang sudah dibuat.

LO memandu dalam pembuatan akun bisnis. Dokpri

Beberapa produk seperti sale pisang, keripik tahu, aneka kue kering, dan berbagai produk lainnya sudah berhasil membuat akun sosial media untuk dipasarkan lebih luas.


Tidak hanya itu monitoring selanjutnya juga akan membantu terkait pembaharuan logo kemasan agar  terlihat lebih kekinian, lengkap, dan pastinya menarik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline