Lihat ke Halaman Asli

KKN Gedogwetan UM

Team KKN Desa Gedogwetan, Universitas Negeri Malang

Hidup Hemat dengan Ceria Menabung di SD Negeri 1 Gedogwetan bersama Mahasiswa KKN UM 2021

Diperbarui: 27 Desember 2021   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kabupaten Malang (JATIM) - Menabung adalah salah satu cara melatih kemandirian dan sikap disiplin pada anak. Menabung juga akan mengajarkan anak untuk berhemat. Dimana mereka akan berlatih menahan diri untuk tidak membeli sesuatu yang tidak terpakai nantinya. Pengenalan menabung sejak dini pada anak-anak sangatlah penting. Oleh karena itu, Mahasiswa MBKM Membangun Desa, Universitas Negeri Malang mengadakan sosialisasi hidup hemat dengan ceria menabung dan pembagian celengan hias. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari Jumat (29/10) dengan sasaran siswa kelas 5 SDN 1 Gedogwetan yang berlokasi di Desa Gedogwetan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sosialisasi ini dibagi menjadi tiga rangkaian kegiatan. Yang pertama adalah pengetahuan tentang menabung. Dalam kegiatan ini, para siswa diberi penjelasan materi mengenai pengertian menabung, tujuan menabung, tata cara menabung, manfaat menabung dan keuntungan menabung. 

Dokpri

Kegiatan yang kedua yaitu pembuatan pohon keinginan. Pohon keinginan ini sebagai sarana untuk menempelkan keinginan-keinginan para siswa yang nantinya diwujudkan melalui tabungan mereka. Pada kegiatan ini juga, para siswa akan diberi materi mengenai perbedaan kebutuhan dan keinginan. Setelah pemberian materi selesai, para siswa akan diberi kertas kecil berwarna untuk tempat menuliskan keingina mereka. Kemudian keinginan mereka ditempelkan di pohon keinginan. Dengan adanya pohon keinginan ini, diharapkan para siswa dapat termotivasi untuk lebih rajin menabung. 

Dokpri

Kegiatan dilanjutkan dengan menghias celengan. Mahasiswa MBKM UM membagikan celengen polos yang terbuat dari kaleng dan mebagikan kertas lipat berwarna warni kepada para siswa. Kemudian para siswa menghias celengan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Celengan yang telah dihias, dibawa pulang oleh setiap anak agar para siswa lebih antusias untuk menabung dirumah.

Dokpri

Sosialisasi ini merupakan tahapan awal untuk mengajarkan siswa kelas 5 SDN 1 Gedogwetan agar tidak berperilaku konsumtif. Selain itu, sosialisasi ini juga memberikan penjelasan bahwa jika menginginkan sesuatu, maka kita harus memperjuangkannya seperti dengan cara menabung sehingga diharapkan para siswa menjadi lebih pandai dalam mengelola keuangannya sejak usia dini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline