Lihat ke Halaman Asli

Pembuatan Video Profil Desa oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang sebagai Upaya Pengenalan SDA dan SDM Desa Gajahrejo

Diperbarui: 8 Desember 2022   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan merupakan desa yang memiliki potensi desa berupa desa wisata bahari serta dipenuhi kekayaan alam yang melimpah. Namun, potensi desa tersebut belum banyak diketahui oleh khalayak ramai sehingga diperlukan adanya upaya untuk mengenalkan potensi desa tersebut kepada masyarakat luas. Berangkat dari masalah tersebut, mahasiswa Universitas Negeri Malang mengadakan program kerja pembuatan video profil Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Video profil desa memuat berbagai hal yang berkaitan dengan Desa Gajahrejo, seperti kegiatan perekonomian warga, sumber daya desa, kegiatan rutin masyarakat, hingga potensi wisata desa. Pengambilan video berupa kegiatan perekonomian warga berupa pencarian pakan ternak, penanaman padi, dan UMKM warga. Selanjutnya, pengambilan video berupa sumber daya desa seperti perkebunan sawit, kelapa, kopi, pisang. Kegiatan rutin masyarakat berupa kegiatan keagamaan, kegiatan belajar mengajar di sekolah, posyandu, selain itu juga berisi tentang kegiatan PKK yang diikuti oleh perwakilan masing-masing dusun. Potensi wisata berisi tentang wisata-wisata yang ada di Desa Gajahrejo, seperti Coban Asmara, Coban Kembar, Pantai Batu Bengkung, Pantai Jolangkung, Pantai Ungapan, Pantai Bajulmati, dan Pantai Kangen.

Dok. pribadi

Tujuan dari pembuatan video profil desa ini untuk memperkenalkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Desa Gajahrejo, dimana hal tersebut harapannya dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Gajahrejo.

Proses pembuatan video profil Desa Gajahrejo memerlukan waktu sekitar satu bulan lamanya, dimulai dari perencanaan konsep video profil, observasi lokasi, pengambilan video masing-masing potensi dan kegiatan desa hingga terakhir, yakni proses pengeditan video. Pada proses pengeditan video terdapat tambahan voice over agar video profil lebih menarik untuk ditonton. Hasil dari program kerja video profil desa akan diunggah di platform YouTube.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline