Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Wonoayu 2021

KKN Universitas Negeri Malang di Desa Wonoayu

Mahasiswa KKN UM Mengajarkan Strategi Pengembangan Bisnis

Diperbarui: 14 Juli 2021   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pelaksanaan Kegiatan/dokpri

Sabtu tanggal 10 Juli 2021, mahasiswa KKN UM mensosialisasikan strategi pengembangan bisnis pada produk UMKM Kain Shibori milik Desa Wonoayu. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di kediaman Ibu Tutik selaku ketua PKK dan dihadiri perwakilan kader sejumlah 8 orang. Kegiatan ini merupakan upaya Mahasiswa KKN UM untuk mendorong pengembangan bisnis kain shibori yang telah dilakukan oleh kader PKK Desa Wonoayu yang bertempat di Kampung KB. Program ini memberikan pengetahuan kepada para kader terkait apa saja yang perlu diperhatikan untuk melakukan pengembangan bisnis.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi terkait strategi dalam pengembangan bisnis kain shibori. Selanjutnya strategi ini diterapkan pada produksi kain. Dalam proses pelaksanaan kegiatan, diperoleh informasi bahwa para kader cukup mengetahui pentingnya pengembangan bisnis. Namun, kurang memahami langkah yang perlu dilakukan agar pengembangan bisnis dapat berjalan dengan sukses.

Gambar 2. Sosialisasi Strategi Bisnis/dokpri

Pada sosialisasi ini para kader diajarkan bagaimana menentukan target pasar, penentuan jalur distribusi, bagaimana cara menganalisis kompetitor, dan cara memanfaatkan kondisi teknologi. Dengan mengetahui target pasar akan dapat digunakan untuk menentukan pengembangan produk, seperti pengembangan motif ataupun inovasi bentuk produk. Selain itu proses pemasaran produk menjadi kunci penting dalam sebuah usaha. Upaya pengembangan produk dilakukan dengan memberikan pengetahuan terkait pengembangan motif produk dan diakhiri dengan memberikan pengetahuan terkait cara memanfaatkan teknologi sebagai media promosi produk. Teknologi dapat digunakan sebagai alat pembuatan katalog produk, media periklanan produk, serta pembuatan logo produk.

Gambar 3. Produk Kain Shibori/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline