Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Tanjungrejo

Universitas Diponegoro

Perkenalkan BUJANG, Solusi Inovatif Produk Olahan Jagung yang Dapat Membantu Pencegahan Stunting

Diperbarui: 10 Februari 2023   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1 Produk Bujang/Dokpri

Sukoharjo -- Minggu (05/02), Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Desa Tanjungrejo, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo melaksanakan salah satu program uggulannya yaitu sosialisasi inovasi produk olahan dari jagung yang bernama "BUJANG" atau Bolu Kukus Jagung. 

Kegiatan yang diikuti dengan antusias oleh ibu-ibu dari dusun 3 Desa Tanjungrejo ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada warga Desa Tanjungrejo mengenai cara mengolah jagung yang merupakan salah satu hasil pertanian dari warga desa tersebut. Sosialisassi dilaksanakan di kediaman Ketua RT 03/05 Dusun Cengkirlegi, Desa Tanjungrejo. 

Berawal dari observasi yang dilakukan mahasiswa pada minggu pertama, ditemukan bahwa para petani jagung di Desa Tanjungrejo menjual hasil panen dalam bentuk jagung utuh tanpa dilakukan pengolahan. 

Mahsiswa pun tergerak untuk membuat inovasi produk olahan jagung sehingga dapat menambah pendapatan para petani jagung tersebut. "Bujang" merupakan singkatan dari Bolu Kukus Jagung, sebuah inovasi produk yang dikembangkan sedemikian rupa sebagai oleh-oleh khas Desa Tanjungrejo. Tidak hanya lezat, Bolu ini juga padat gizi dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi alternatif makanan pencegah stunting pada masyarakat. 

Gambar 2 Sosialisasi Produk BUJANG/Dokpri

Acara sosialisasi dilakukan dengan pemaparan singkat mengenai BUJANG dan pemutaran video cara pembuatan bolu kepada masyarakat. Selain sosialisasi, disediakan pula modul dengan judul Inovasi Pembuatan Makanan Olahan Jagung BUJANG "Bolu Kukus Jagung" Sebagai Upaya Mencegah Stunting dan Pengembangan UMKM Desa Tanjungrejo. Modul ini berisi lengkap mengenai resep Bujang, kandungan gizi yang berpotensi mencegah stunting, serta analisis ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan Bujang sebagai produk UMKM khas Desa Tanjungrejo. 

Melalui inovasi Bujang ini diharapkan dapat menjadi tambahan pendapatan bagi warga desa Tanjungrejo dan pencegahan stunting untuk Desa Tanjungrejo yang lebih sehat dan makmur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline