Lihat ke Halaman Asli

KKN UM Desa Sumberagung 2021

Mahasiswa KKN UM Desa Sumberagung

Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (ANTIK) Kepada Siswa Sekolah Dasar di Desa Sumberagung

Diperbarui: 22 Juli 2021   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran TIK Bersama KKN Desa Sumberagung 2021/dokpri

Sumberagung, Blitar -- Covid-19 adalah wabah yang terjadi saat ini menghantam berbagai sektor kehidupan salah satunya pendidikan. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) menyatakan wabah yang terjadi akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 sampai saat ini sebagai darurat internasional. Upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya penularan virus covid-19 salah satunya dengan melaksanakan pembelajaran daring. Dampak tersebut juga dirasakan oleh siswa sekolah dasar (SD) di Desa Sumberagung. 

Banyak siswa yang mengalami kesulitan terutama masalah teknologi akibat terbebaninya pembelajaran secara daring. Masalah spesifik yang mereka hadapi berkaitan dengan pengoperasian pembelajaran yang berbasis TIK tentang tugas yang diberikan dalam bentuk word dan PPT sehingga anak dituntut untuk melekakan teknologi. Dengan adanya pembelajaran TIK yang diinisiasi oleh tim KKN Desa Sumberagung diharapakan siswa akan siap menghadapi era digital dengan keahlian yang mereka miliki.

Melihat permasalahan tersebut mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sedang melakukan KKN Pulang Kampung di Desa Sumberagung mempunyai inovasi melalui program kerja Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ANTIK). 

Pelaksanaannya dilakukan dua kali pertemuan dengan penanggungjawab Irmala Putri Eka Mawardani dan Muhammad Izam Masroir. Konsentrasi pelaksanaan kegiatan ini yaitu siswa diharapkan dapat mengoperasikan aplikasi Microsoft Word, Microsoft PowerPoint Dan Aplikasi Canva. 

Keaktifan siswa juga menjadikan kunci utama agar tujuan utama tercapai. Kemahiran siswa dalam mengoperasikan komputer terutama pada aplikasi dasar seperti Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint menjadi kunci dari kegiatan yang kami lakukan. Selain itu kegiatan ini dapat menjadi bekal anak dalam pendidikan selanjutnya yang pastinya akan tetap berbasis dengan teknologi. 

"Materi Microsoft Word dan PowerPoint ini sangat penting diberikan kepada siswa karena dapat menunjang proses pembelajaran di sekolah lanjutan dan kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan di masa pandemic saat ini, selain itu mengajarkan anak usia dini untuk melekakan teknologi" ujar Irmala penanggungjawab kegiatan .

Pembelajaran pada hari pertama diisi dengan pengenalan aplikasi Microsoft word dan Microsoft power point. Kegiatan ini dilakukan di SD Sumberagung 01 dengan menghadirkan siswa Kelas 5-6. Materi yang diberikan pada hari pertama adalah mengenalkan dasar-dasar tools yang ada pada aplikasi Microsoft word dan Microsoft PowerPoint dengan melakukan praktek secara langsung. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 12 siswa SDN Sumberagung 01 dengan menggunakan protocol kesehatan yang ketat dari penggunaan masker, pengukuran suhu tubuh, dan hand sanitizer (11/06/2021). Pada akhir kegiatan kami menyebarkan poster online  untuk mengundang anak-anak lainnya yang ikut bergabung dalam kegiatan kedua, dengan meminta bantuan anak-anak SD Sumberagung 01.

Pemaparan materi SDN 1 Sumberagung/dokpri

Poster ANTIK/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline