Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Sumberagung

KKN UM Pulang Kampung 2021

Menilik Kegiatan Penyerahan dan Pemasangan Banner UMKM, Pemilik UMKM Antusias!

Diperbarui: 2 Juli 2021   12:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Dokumentasi pemasangan Banner UMKM Gallery Sabrina

KEDIRI, Mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang melaksanakan Program Kerja Pembuatan dan Penyerahan Banner Usaha untuk UMKM, dan untuk pemasangan Banner dilaksanakan secara door to door di rumah masing-masing pemilik UMKM (30/06). Tujuan dari kegiatan ini adalah memfasilitasi pemilik UMKM yang ada di Desa Sumberagung dalam hal Pembuatan dan Pemasangan Banner Usaha UMKM.

Program kerja tersebut dilaksanakan setelah melakukan serangkaian survei berbagai UMKM di Desa Sumberagung, Kecamatan Wates pada tanggal 14 s/d 21 Juni. Melalui pertimbangan yang dilakukan setelah kegiatan survei tersebut, diperoleh 5 UMKM yang layak dan membutuhkan dukungan banner usaha. Kriteria layak yang dimaksud adalah UMKM belum mempunyai banner usaha, UMKM sudah mempunyai banner usaha tetapi usang sehingga harus diganti, UMKM terdampak pandemi Covid-19, yang membuat siklus permintaan pasar menurun. Adapun 5 UMKM tersebut diantaranya :
1.Najwa Catering
2.Tahu Putih Ibu Sutini
3.Pande Besi Bapak Riawan
4.Kerupuk Gadung Faza
5.Gallery Sabrina

Gambar 2. Dokumentasi dengan pemilik UMKM Pande Besi

Dalam Pembuatan desain banner UMKM dilakukan oleh perwakilan mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang sendiri yaitu Naufal dalam kurun waktu 18 s/d 25 Juni, dengan memanfaatkan bantuan aplikasi CorelDRAW. Tentunya setiap desain yang sudah selesai dibuat akan ditunjukkan terlebih dahulu kepada pemilik UMKM sebelum dicetak. Kendati demikian, dalam proses pembuatan desain terdapat beberapa revisi desain, dengan telaten kami segera membenahi dan mengkoordinasikan ulang. Hal tersebut dilakukan semaksimal mungkin guna memenuhi keinginan para pemilik UMKM.

Antusiasme para pemilik UMKM terlihat selama prosesi pemasangan banner, seperti memantau serta mengkoordinir letak posisi banner yang sesuai dengan keadaan ruangan. Tidak henti-hentinya pemilik UMKM mengucap syukur dan berterima kasih atas bantuan pemberian banner usaha tersebut.

Gambar 3. Pemilik UMKM Kerupuk Gadung Ngijo Faza membantu mengkoordinir proses pemasangan Banner

Pemasangan banner ini diharapkan bisa membuat UMKM lebih dikenal oleh masyarakat secara umum, sehingga membantu meningkatkan potensi dan daya saing UMKM yang bersangkutan.

Kegiatan diakhiri dengan pelaporan kegiatan oleh Rizka selaku ketua pelaksana kepada Bapak Eska selaku Kasi Pelayanan Desa Sumberagung sekaligus koordinator Pelaksanaan Survei UMKM "njih, maturnuwun Mbak Rizka atas bantuannya kagem UMKM desa kita" ungkapnya.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline